Simak Perubahannya! Kota Bandung Rekayasa Lalu Lintas di 3 Simpang Jalan Ini

Plt Wali Kota Bandung saat melakukan peluncuran Penataan Kawasan Simpang, di Pet Park Cilaki, Kamis (30/12/2021) / Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Jelang Tahun Baru 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas di tiga persimpangan. Tiga persimpangan itu diantaranya Simpang Shabuhachi (Cisangkuy-Cilaki-Ciliwung), Simpang NISP (Lombok-Belitung-Bangka), dan Simpang Siliwangi Golf Driving Range (Lombok-Belitung-Bangka).

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, manajemen dan rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Macet menjadi satu masalah klasik yang harus diselesaikan agar tewujudnya Kota Bandung yang nyaman.

"Karena Kota Bandung ini ruas jalannya kecil dan pendek, aga sulit untuk menambah dan melebarkan jalan, sehingga manajemen rekayasa menjadi yang lebih rasional," tuturnya saat peluncuran Penataan Kawasan Simpang, di Pet Park Cilaki, Kamis (30 Desember 2021).

Baca Juga: Mobil Atau Motor Terparkir Liar di Kota Bandung, Akan Kena Derek

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bandung, E.M Ricky Gustiadi mengatakan, manajemen dan rekayasa lalu lintas bertujuan untuk mengatur persimpangan yang sebelumnya tidak beraturan, dan mengurangi potensi kecelakaan.

"Juga untuk mewujudkan Kota Bandung yang nyaman, dalam arti nyaman berlalu lintas," tuturnya.

Manajemen dan rekayasa lalu lintas merupakan serangkaian usaha dan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengadaan, pemasangan, pengaturan, dan pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan dalam rangka mewujudkan, mendukung dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Baca Juga: Diskar PB Kota Bandung Luncurkan Sprinkler Warga dan Kojing di Kel. Karang Anyar

Berikut ini tiga simpang yang dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas oleh Dishub Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung :

1. Simpang Cisangkuy-Cilaki-Ciliwung
- Jalan Cisangkuy yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Utara ke arah Selatan atau menuju Simpang Shabuhachi.
- Jalan Cilaki Utara (samping Pet Park) yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Selatan ke arah Utara atau menuju jalan Citarum.

2. Simpang Cihapit-Cibeunying-Ciliwung
- Jalan Taman Cibeunying Selatan yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Selatan ke arah Utara menuju jalan Cilaki
- Jalan Taman Cibeunying Utara yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Utara ke arah Selatan menuju jalan Bengawan
- Jalan Cihapit yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Utara ke arah Selatan atau menuju Simpang Cihapit-Jl. Taman Cibeunying Selatan;

3. Simpang Lombok-Belitung-Bangka-Jalan Lombok Selatan yang awalnya 2 arah diubah menjadi 1 arah dari arah Selatan ke arah Utara menuju Simpang Belitung-Lombok.

(RV)

Baca Juga:

Kemenkes Temukan Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi di Jakarta

Bus Trans Metro Pasundan Beroperasi di Bandung Raya, Ini 5 Koridor yang Dilayani

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Wacanakan Gunakan Insenerator di TPS

Inspiratif, Prasmanan Gratis di Antapani Kota Bandung #SemuaBolehMakan

Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

  

Berita Terkait