Presiden: Terima Kasih Komponen Cadangan yang Sukarela Bela Negara

Presiden RI didampingi Menteri Pertahanan saat melakukan inspeksi komponen cadangan di Batujajar, Kamis (7/10/2021)


Batujajar Bandung Barat, Beritainspiratif.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Komponen Cadangan (Komcad) TNI tahun anggaran (TA) 2021 untuk matra darat yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti latihan dasar kemiliteran secara sukarela selama tiga bulan sebelum ditetapkan.

Pembentukan anggota Komcad TA 2021 untuk TNI AD sebanyak 3.103 orang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan dan secara resmi ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada Kamis (7/10) di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasuskan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung Barat, didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah mendaftar secara sukarela, telah mengikuti proses seleksi dan pelatihan dasar kemiliteran secara sukarela, dan hari ini saudara-saudara ditetapkan sebagai anggota komponen cadangan,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dilirik Dunia Internasional, Menteri BUMN Akan Kunjungi Buruan SAE Kota Bandung

Adapun ditegaskan oleh Presiden Jokowi bahwa sistem pertahanan Indonesia bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya. Karenanya, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan negara.

Sementara itu, Menhan Prabowo menyampaikan dalam laporannya kepada Presiden Jokowi pada upacara tersebut bahwa pembentukan Komcad TA. 2021 berjumlah sebanyak 3.103 orang yang terdiri dari siswa yang dididik di Rindam Jaya sebanyak 500 orang, Rindam III/Siliwangi sebanyak 500 orang, Rindam IV / Diponegoro sebanyak 500 orang, Rindam V /Brawijaya 500 orang, Rindam XII /Tanjungpura sebanyak 499 orang dan Universitas Pertahanan sebanyak 604 orang.

Baca Juga: Jabar Berada di Puncak Klasemen Sementara PON XX Papua 2021

Pelaksanaan tahapan pembentukan Komcad TNI AD sendiri dimulai dari proses pendaftaran pada tanggal 17 sampai dengan 31 Mei 2021, tahapan seleksi mulai tanggal 1 sampai dengan 17 Juni 2021 dan pelaksanaan pendidikan Latsarmil tanggal 21Juni sampai dengan 18 September serta Penetapan Komponen Cadangan pada tanggal 7 Oktober 2021.

Pembentukan komponen cadangan merupakan amanat Undang Undang Dasar RI Tahun 1945, Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)

(Yanis)

Baca Juga:

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

Mulai 8 Oktober, Bank Indonesia Buka Kembali Layanan Penukaran Uang Ini

Tips Pemakaian Masker untuk Anak-Anak

Inilah Wajah Baru Bantaran Sungai Cipamokolan Cisaranten Endah

Inilah Daftar PPKM Level 1 - 3 di Jawa dan Bali, Berlaku 5 - 18 Oktober

NIK di KTP Akan di Integrasikan Jadi NPWP

Berita Terkait