Inilah Wajah Baru Bantaran Sungai Cipamokolan Cisaranten Endah

Jajang Kurnia, Lurah Cisaranten Endah Kec. Arcamanik Kota Bandung saat ditemui di depan Kantor Kelurahan Cisaranten Endah di lokasi Taman RW 03 Cisend, Rabu (6/10/2021) / Foto: Bicom - Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Peresmian penataan bantaran Sungai Cipamokolan yang merupakan kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Sektor 22 Satgas Citarum Harum, telah dilakukan pada Selasa (5/10/2021).

Pemkot Bandung pun terus berupaya menghadirkan fasilitas publik yang nyaman bagi masyarakat dan saat ini telah tertata dengan apik dari hulu ke hilir hingga melintasi wilayah Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Di lokasi peresmian tersebut di bagian samping sungai juga terlihat bersih dan ditanami berbagai pohon.

Tidak hanya itu apabila kita menyusuri Sungai Cipamokolan yang berada di wilayah Cisaranten Endah hingga perbatasan Jalan Soekarno Hatta, kita temui taman dan Buruan SAE RW 06 Cisaranten Endah, Lalu Taman RW 11 Cisaranten Endah, Wisata RW 03 Cisaranten Endah hingga Kelompok Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) Lingga Mekar dan Taman Lio Girang RW 07 Cisaranten Endah.

Baca Juga: Diresmikan! Kini Bantaran Sungai Cipamokolan Bersih dan Nyaman

Lurah Cisaranten Endah Jajang Kurnia ditemui di taman RW 03 depan Kantor Kelurahan Cisaranten Endah, Rabu (6/10/2021) menyampaikan bahwa penataan Sungai Cipamokolan yang masuk dalam wilayah Cisaranten Endah merupakan program Citarum Harum Sektor 22 Satgas Citarum Harum bersama BBWS.

“Yang ditata itu adalah RW 06 sebagai taman bermain dan Buruan SAE, dilanjutkan taman bermain dan Buruan SAE di RW 07, dilanjutkan penataan di RW 03 dan Taman yang ada di RW 11 yang merupakan program PIPPK dan swadaya masyarakat,” ungkap Lurah Cisaranten Endah.

“Untuk penataan di RW 03 yang berada didepan Kantor Kelurahan Cisaranten Endah ini, diperuntukan untuk masyarakat dengan menikmati keindahan sungai dan taman,” tambah Lurah Cisend.

Baca Juga: Tanpa Nama, 68 Makam Pahlawan di Takokak Cianjur Selatan Harus Dijaga

  

Terkait fasilitas yang ada ini Lurah Cisaranten Endah Jajang Kurnia menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan turut merawatnya.

“Saya terus menghimbau dan mengingatkan masyarakat, untuk terus menjaga lingkungan dan sungai, karena sungai itu milik bersama dan jangan dikotori lagi,” pesannya.

“Sebetulnya warga Cisaranten Endah sudah taat dan tidak lagi membuang sampah ke sungai, namun ada sampah yang dari hulu datang menuju hilir (kesini), sehingga kami suka ketempuhan,” tambahnya.

“Kami akan terus menghimbau masyarakat melalui Program Kang Pisman, dan gerakan mencintai sungai dan lingkungan,” pungkas Lurah Cisaranten Endah.

Tonton Juga: Video Wajah Baru Sungai Cipamokolan Cisend

Taman Lio Girang

Dilihat Beritainspiratif.com di lokasi Rabu (6/10/2021) Taman Lio Girang ini berlokasi di RW 07 Cisaranten Endah yang memanfaatkan bantaran sungai Cipamokolan, dengan luas lahan  202,46 meter persegi, yang semula merupakan pemukiman kumuh dan ditempati bangunan liar.

Kini lokasi ini tampak asri dengan arena bermain, taman bermain anak-anak dengan diisi beragam tanaman bunga dan sejumlah sayuran dan buah-buahan dengan konsep Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis), serta di bagian tengahnya terdapat gazebo sebagai fasilitas aktivitas sosial warga.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai acara peresmian penataan Sungai Cipamokolan berkesempatan melakukan peresmian Taman Lio Girang di RW 07 Cisaranten Endah, Selasa (5/10/2021) kemarin.

Baca Juga: Jelang HUT ke-30, PT LEN Beri Bantuan Paket Sembako ke Pemkot Bandung

Pada kesempatan tersebut Oded berpesan agar warga komitmen merawat fasilitas dan ruang publik ini bisa konsisten. Sehingga, kenyamanan yang sudah diciptakan bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

"Silahkan nikmati fasilitas umum ini, tapi tolong peupeujeuh dirawat yang betul. Jangan dikotori, jangan lagi dibuat bangunan liar," katanya.*

(Yanis)

Baca Juga:

Inilah Daftar PPKM Level 1 - 3 di Jawa dan Bali, Berlaku 5 - 18 Oktober

NIK di KTP Akan di Integrasikan Jadi NPWP

Pertama Kalinya, Wisuda Luring ITS Gunakan Konsep Drive Thru

Panglima TNI Sematkan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kepada 4 Pejabat Negara

Menkes: Indonesia Peringkat Ke-5 Dunia, Jumlah Penduduk yang Sudah Divaksin

Provinsi Bali Raih Predikat Pelaksana PPKM Mikro Terbaik Provinsi dan Kab/Kota

Berita Terkait