HUT RI Ke-78: Sujud Syukur Dihadiri 77.178 Peserta, Kodam XIV/Hsn Pecahkan Rekor MURI

Kodam XIV/Hasanuddin saat menggelar sujud syukur kemerdekaan ri ke-78 yang dihadiri 77.178 orang untuk melakukan sujud syukur, dzikir dan bershalawat di 78 titik secara serentak Rabu (16/8/2023) / dok.Dispenad


BERITAINSPIRATIF.COM - Malam peringatan HUT ke-78 RI, Rekor Museum-Dunia Indonesia (MURI) harus menerbitkan piagam penghargaan atas rekor ciptaan karya unik dan superlatif yang dilakukan oleh salah satu petinggi di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Piagam Penghargaan MURI nomor 11125/R.MURI/VIII/2023 dianugerahkan kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., oleh Direktur MURI Dr (HC) Jaya Suprana.

Di malam hari peringatan Kemerdekaan RI ke-78, dengan jiwa nasionalismenya yang tinggi, mampu mengumpulkan elemen masyarakat di wilayah teritorialnya sebanyak 77.178 orang untuk melakukan sujud syukur, dzikir dan bershalawat di 78 titik secara serentak atas terlewatinya pandemi covid-19 dan mensyukuri Kemerdekaan RI ke-78 Tahun, dipimpin oleh Pimpinan Ponpes Al Mubarakh Makassar, Habib Mahmud bin Umar Al Hamid. Rabu, (16/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yang meliputi Provinsi Sulsel, Sulbar dan Sultra dan dihadiri oleh Seluruh jajaran Forkopimda ke Tiga Provisi dan Kabupaten/Kota, Tokoh lintas agama, Ketua MUI, para Rektor PTN/PTS, pimpinan institusi BUMN/S, para petinggi TNI-Polri, Perbankan, para OPD, Persit Kartika Chandra Kirana, Pimpinan Masjid, Kelompok Pengajian, prajurit TNI -Polri, PNS, masyarakat baik secara off line maupun on line.

“Acara malam hari ini adalah acara sujud syukur yang mana kita setelah sekian lama menjalani Covid-19. Dan Alhamdulillah sudah terlewati, kita sujud syukur, dzikir, dan bershalawat sebagai bentuk kesyukuran diberi karunia dan rahmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78,” ungkap mantan Gubernur Akmil ini.

Baca Juga: Paskibraka Nasional ‘Cabbyan Davita’ Harumkan SMA Negeri 7 Kota Bandung

 

Baca Juga: UNIK! Daop 3 Cirebon Gelar Lomba Tarik Lokomotif Seberat 84 Ton

Direktur MURI Dr (HC) Jaya Suparna menyebut bahwa Rekor MURI yang diraih ini, melalui kegiatan sujud syukur terbanyak belum pernah didengarnya.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang belum pernah kami dengar, bukan hanya di Indonesia tetapi di planet bumi ini. Kami ucapkan selamat kepada teman-teman di Kodam XIV/Hasanuddin dan seluruh masyarakat diwilayah atas prestasi yang luar biasa ini,”tegasnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulsel memberikan apresiasi kepada Pangdam atas terselenggaranya kegiatan yang luar biasa ini.

“Apresiasi sekaligus penghormatan kepada bapak Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, atas kegiatan sujud syukur ini,”tandasnya.

Kapolda Sulsel yang menyambut baik acara ini, Ia berharap dengan kegiatan ini mampu menjadikan wilayah Sulsel agar dapat aman, damai dan dapat menjemput pesta demokrasi mendatang.

Sementara itu Ketua Umum MUI Sulsel, Prof Dr KH Najamuddin H. Abd Safa, Lc MA. Juga memberikan apresiasi. Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi sebagai tanda kesyukuran kepada negara yang aman dan menjadi contoh wilayah lain.

Selain itu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulsel pun menyatakan apresiasi yang luar biasa atas inisiatif Pangdam untuk melaksanakan sujud syukur dan dzikir bersama yang menghadirkan para tokoh agama lain.

“Saya Pendeta tapi saya sangat menikmati, luar biasa semoga apa yang dilaksanakan ini akan menjadi berkah,” bebernya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan pemberian santunan kepada anak yatim dari sejumlah panti asuhan, semoga mereka juga ikut berbahagia. (Dispenad)

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

-LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Segera Daftar! SBM ITB Buka Beasiswa Mini SBM bagi Lulusan SMA/SMK, Ini link nya!

Berita Terkait