Paskibraka Nasional ‘Cabbyan Davita’ Harumkan SMA Negeri 7 Kota Bandung

Paskibraka Nasional saat menjalankan tugasnya dalam Upacara Kamis (17/08/2023) sore, di Halaman Istana Merdeka. (Foto: Humas Setkab/Agung)


BERITAINSPIRATIF.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan sebanyak 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang akan bertugas pada HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Upacara pengukuhan digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/08/2023) sore.

Salah satu Paskibraka Nasional yang dikukuhkan tersebut adalah Cabbyan Davita  mewakili Provinsi Jawa Barat yang tercatat sebagai siswi SMA Negeri 7 Kota Bandung.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 7 Kota Bandung Retno Intan Sari Fatimah menyampaikan rasa bangga atas capaian yang diraih Cabbyan Davita tersebut.

“Sekolah merasa bangga, terharu, ada salah satu dari siswi kami yang lolos menjadi Paskibraka (tingkat) Nasional,” ujar Retno.

“Ini menjadi pencapaian prestasi yang luar biasa untuk Cabbyan secara pribadi dan untuk ekskul Paskibra SMAN 7 juga. Perjuangan Cabbyan sangat luar biasa berat dan alhamdulillah bisa lolos di tingkat nasional,” katanya menambahkan.

Baca Juga: Kembali Juara! Buruan SAE Kota Bandung Raih Piala Abdibaktitani dari Menteri Pertanian

Baca Juga: HUT RI Ke-78: Sujud Syukur Dihadiri 77.178 Peserta, Kodam XIV/Hsn Pecahkan Rekor MURI

Retno juga mengisahkan, keseharian Cabbyan di sekolah. Menurutnya, Cabbyan merupakan siswi yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra.

Saat ada tugas-tugas tata laksana upacara, Cabbyan selalu menjadi tim inti dan aktif berbagi pengalaman dengan siswa yang lain.

Selain itu, Cabbyan juga disebut memiliki banyak teman punya karakter yang baik, disiplin, amanah, serta bertanggung jawab.

“Meskipun sibuk berlatih, namun prestasi akademisnya bagus,” terang Retno.

Setiap hari Rabu dan Jumat, Cabbyan disibukkan dengan kegiatannya berlatih ekstrakurikuler Paskibraka.

Saat ia mulai aktif mengikuti kegiatan Paskibraka di kota Bandung, jadwal latihannya disesuaikan dengan jadwal dari Purna Paskibrakan Indonesia (PPI) Kota Bandung.

“Meskipun banyak dispensasi meninggalkan kegiatan belajar mengajar tetapi tugas-tugasnya tidak pernah ketinggalan,” kata Retno.

Ia berharap, Cabbyan dapat membawa nama baik SMAN 7 Bandung, PPI Kota Bandung, dan Provinsi Jawa Barat serta mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat bertugas menjadi Paskibraka pada 17 Agustus 2023.

“Buat Cabbyan, tetap rendah hati dan bisa menjadi motivasi buat teman-teman di sekolah dan buat pemuda-pemudi lainnya, agar terus berprestasi di bidang apapun,” pesan Retno.

Atas capaian ini, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengucapkan selamat. 

"Tentunya kita atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat Kota Bandung merasa bangga. Kita doakan, putra-putri terbaik ini bisa mengikuti semua tahapan dan menjalankan tugasnya dengan sukses, dengan baik," ujar Ema.

Ia juga berpesan agar anggota Paskibraka dapat menjaga kesehatan, sikap dan tindakan, serta mengaplikasikan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

"Jaga kesehatan, perilaku dan sikap. Ikuti apa yang menjadi arahan pembina supaya bisa melaksanakan tugas dengan baik. Sebab Paskibraka itu bukan gerakan individu, tetapi gerakan kebersamaan," pesannya.

Cabbyan Davita bersama siswa Gusfiar Altaf dari SMAT Krida Nusantara bertugas sebagai anggota Pasukan Pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional di Istana Negara Jakarta, pada Kamis 17 Agustus 2023.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

-LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Segera Daftar! SBM ITB Buka Beasiswa Mini SBM bagi Lulusan SMA/SMK, Ini link nya!

Berita Terkait