Kuatkan Program Buruan SAE, Pemkot Bandung Gandeng FPIK Unpad

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Dr. Yudi Nurul Ihsan, SPI, M.Si menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir. Gin Gin Ginanjar, M. Eng, di Gedung 1 FPIK Unpad, Jatinangor,Rabu (30/12/21).*


Beritainspiratif.com - Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Dr. Yudi Nurul Ihsan, SPI, M.Si menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir. Gin Gin Ginanjar, M. Eng, di Gedung 1 FPIK Unpad, Jatinangor, Rabu (30/12/21).

Kerja sama dilakukan dalam rangka sinergitas kampus dan Pemkot Bandung dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk intensifikasi program “Buruan SAE” (Sehat, Alami, dan Ekonomis) di wilayah Kota Bandung.

Baca Juga: Pakar UGM Sambut Baik Wacana Penghapusan Premium dan Pertalite

Buruan SAE adalah sebuah program urban farming terintegrasi yang digalakkan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Program ini bertujuan menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri.

Pada kesempatan tersebut, Gin Gin mengungkapkan bahwa program Buruan SAE merupakan konsep yang dicetuskan Wali Kota Bandung (alm) Oded M. Danial. Program ini  merupakan pengembangan dari konsep urban farming yang telah banyak dilirik di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Tingkatkan Industri Maritim, Mahasiswa ITS Rancang Kapal Pesiar Seasando

Gin Gin pun berharap akademisi dapat menghadirkan lebih banyak inovasi berbasis ilmiah untuk program ini.

Sementara itu, Yudi mengatakan bahwa kerja sama FPIK Unpad dengan Kota Bandung juga dapat dikembangkan lagi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dimana setiap lokasi Buruan SAE dapat didampingi oleh mahasiswa FPIK Unpad.

Selain itu, menurut Yudi, potensi urban farming sebagai objek riset sangat menarik untuk digali dan dikembangkan lebih besar lagi. 

(YI)

Baca Juga:

Viral, Jembatan Perahu di Karawang yang Hubungkan 2 Desa Beromzet Puluhan Juta

Simak Perubahannya! Kota Bandung Rekayasa Lalu Lintas di 3 Simpang Jalan Ini

Seleksi Calon Anggota Dewan Komisioner OJK Tahun 2022-2027 Dibuka 7 Januari

Mobil atau Motor Terparkir Liar di Kota Bandung, Akan Kena Derek

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Wacanakan Gunakan Insenerator di TPS

Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Berita Terkait