H Sariban Warga Teladan Kota Bandung, Keliling Bersepedah Pungut Sampah

H Sariban Warga Teladan Kota Bandung, saat ditemui di acara Bandung Menjawab, Selasa (4/1/2022) / Foto: Bicom-Yanis


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Ada pemandangan yang berbeda pada acara perdana Bandung Menjawab versi Diskominfo ini yang berlangsung di Taman Radio Jalan Ir H. Djuanda (Dago) Kota Bandung, Selasa (4/1/2022).

Pada penyelenggaraan kali ini Pemerintah Kota Bandung memberikan penghargaan dan mengapresiasi kepada warganya yang telah menunjukkan kepedulian dan inovasinya terhadap Kota Bandung.

Pemkot Bandung memberikan penghargaan kepada UMKM  terbaik kepada Donat Bahagia yang inovatif dalam pengembangan UMKM donat yang memiliki 70 varian rasa.

Selain itu Pemerintah Kota Bandung juga memberikan apresiasi kepada Warga Teladan Sariban yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan tanpa pamrih.

Sariban yang kesehariannya berkeliling Kota Bandung memungut sampah dengan sepedanya, tinggal disekitaran jalan TMP Cikutra Sadangserang. Ia biasa mangkal di Jalan Pahlawan, Gedung Sate, Gasibu dan wilayah lainnya yang dia lewati.

Baca Juga: Daftar Terbaru PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali, Berlaku Hingga 17 Januari

Siapakah sosok Pak Sariban?

Klik: Bersepedah Pungut Sampah

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi acara Bandung Menjawab, Pak Sariban tiba di lokasi acara dengan mengenakan sepedahnya yang biasa digunakan dalam tugasnya sehari-hari. Sariban mengenakan baju rompi warna oranye, baju kuning layaknya petugas kebersihan, rompi warna orange serta topi petani.

Sepedah yang digunakan Pak Sariban tergolong unik, dibagian belakangnya dipasang dua tempat sampah dengan satu tongkat penjepit sampah jika dijalanan ia temukan sampah, serta adapula serok dan sapulidi.

.

Dibagian depan sepedah ada keranjang untuk menempatkan barang, sedangkan di stang depan sepedah dipasangnya bendera merah putih, TOA serta papan berwana hijau yang bertuliskan dengan huruf besar.

“INGAT SAMPAHKU TANGGUNG JAWABKU, SAMPAHMU….DIKEMANAKAN….HAYO. H.SARIBAN BANDUNG,” sebagaimana dilihat dan tertera di papan sepedah tersebut.

Lalu pada bagian belakang baju rompi orange Pak Sariban bertuliskan:

“SEMANGAT RELAWAN, DUTA KEBERSIHAN KOTA BANDUNG, 1.KERJA 2. KERJA 3. KERJA 4. KERJA 5. KERJA…..NYATA,” Tertulis di rompi orange Pak Sariban yang akrab dipanggil Haji Iban.

Baca Juga: Rumah Sakit Canggih Khusus Jantung dan Pembuluh Darah Paramarta Hadir di Kota Bandung

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Bandung Boleh, Asal Murid Sudah Divaksin

Tidak hanya sampai disitu, diatas topi petani yang dimiliki dan dikenakannya juga tertera tulisan.

“Abah Haji Iban… disingkat Indah Bersih Aman Nyaman (IBAN),” terang H Iban di lokasi.

Saat dudukpun Haji Iban pun sempat berorasi.

“Ingat..Kebersihan sebagian dari pada iman, Ingat Pak Sariban tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Tidak tanggung-tanggung sepedahnya pun di parkirkan di lokasi VVIP (samping panggung acara Bandung Menjawab). Kehadiran Pak Sariban langsung disambut Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan Brilyana beserta jajaran, lalu dipersilahkan duduk dilokasi depan panggung acara Bandung Menjawab.

Hari itu memang harinya apresiasi dan istimewa untuk Pak Sariban, duduk di lokasi acara pun tidak tanggung-tanggung Pak Sariban didampingi langsung di samping kanannya Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana, sedangkan samping kirinya Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan dan Pakar Kebijakan Publik Yogi Suprayogi Sugandi.

Baca Juga: Bandung Menjawab, Pakar Kebijakan Publik Unpad Usul Nama Jalan Mang Oded

Usai acara bincang dalam acara Bandung Menjawab, Haji Iban pun dipanggil ke atas panggung untuk menerima apresiasi dari Pemkot Bandung sebagai warga teladan yang diserahkan langsung oleh Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Ditanyakan oleh pemandu acara Masayu Puteri, Haji Iban menjelaskan bahwa dirinya merantau ke Kota Bandung dari Jawa Timur (Magetan) dengan satu motivasi dan merasa terpanggil.

“Saya selalu ingat pelajaran di sekolah SD, yakni Bandung adalah Kota Kembang,” ungkapnya.

Penyerahan penghargaan dan pengukuhan Haji Sariban sebagai warga Teladan langsung diberikan oleh Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana dengan didampingi Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan dan Ketua Forum Komunikasi (FK) KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kota Bandung Meidi M. Siddik.

Penyerahan penghargaan sebagai warga teladan dan pahlawan lingkungan yang diberikan kepada H Sariban berupa Plakat, penyematan PIN sebagai warga teladan Kota Bandung, dan sejumlah uang tunai.

Usai penyerahan penghargaan Plt Wali Kota Bandung menyampaikan apresiasinya kepada Haji Sariban.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi dengan apa yang telah diperbuat oleh Pak Sariban, Luar Biasa,” ungkap Plt Wali Kota yang akrab dipanggil Kang Yana.

“Pak Sariban…terima kasih atas konsistensinya berkeliling Kota Bandung, terima kasih atas loyalitas tanpa batasnya,” ujar Kang Yana.

Tonton Juga Performance Bernyanyi dari Plt Wali Kota Bandung dan H Sariban berikut ini:

1. Plt Wali Kota Bandung Bernyanyi

2. Pak Sariban nyanyikan Lagu "SAMPAH"

Tidak hanya sampah disitu, ternyata Pak Sariban memiliki jiwa seni sehingga didaulat oleh Plt Wali Kota untuk bernyanyi.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Bandung Boleh, Asal Murid Sudah Divaksin

“Saya akan menyanyikan lagu Sampah,” teriak Haji Sariban yang disupport langsung Plt Wali Kota.

Disimak dari syair lagunya, beberapa syair nya menyebutkan tentang sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan dan sampah. Berikut penggalan beberapa bait lagunya.

“Aduh sampah..aduh sampah…aduh sampah,”

“Jangan buang…buang sampah dipinggir kali,”

“Kalau hujan..kalau hujan banjir sekali,”

“Lingkungan bersih..lingkungan bersih…aduh indahnya,”

(Yanis)

Baca Juga:

AYO Ikuti Festival Pop Singer Piala Wali Kota Bandung, GRATIS! Dibuka Hingga 18 Januari 2022

Bandung Menjawab, Pakar Kebijakan Publik Unpad Usul Nama Jalan Mang Oded

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster

Pemerintah Putuskan Vaksinasi Booster Mulai 12 Januari Mendatang

Simak Perubahannya! Kota Bandung Rekayasa Lalu Lintas di 3 Simpang Jalan Ini

Mobil atau Motor Terparkir Liar di Kota Bandung, Akan Kena Derek

 

 

 

Berita Terkait