Naik Rantis, Jokowi Resmikan Jembatan Lengkung Sei Alalak Pertama di RI

Presiden Joko Widodo melintasi Jembatan Sei Alalak dengan menaiki kendaraan taktis (rantis), Kamis (21/10/2021), di Banjarmasin, Kalsel. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Banjarmasin, Beritainspiratif.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak sepanjang 850 meter, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (21/10/2021) siang.

“Alhamdulillah, Jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Presiden mengawali sambutan peresmian.

Jembatan Sei Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Provinsi Kalimantan Tengah. Kawasan ini terkenal kemacetannya terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir.

“Saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini, karena jembatan ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah. Sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah Jalan Lingkar Selatan rusak hancur diterjang oleh banjir,” ujar Presiden.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, Wakil Wali Kota Bandung: Cintai Bangsa dan Tanah Air

Kepala Negara mengungkapkan, jembatan yang dibangun dengan dana sebesar Rp278 miliar ini menggunakan teknologi tinggi dan tahan gempa serta diperkirakan mampu bertahan hingga 100 tahun. Presiden berharap kehadiran jembatan ini dapat memperkuat konektivitas antarwilayah di Kalsel, memperlancar arus transportasi antardaerah, mengefisienkan biaya logistik hingga mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.

“Saya sedikit berpesan agar setelah diresmikan jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat, sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat kita,” tandas Kepala Negara.

Usai memberikan sambutan, Presiden melakukan penekanan tombol sirine yang menandai peresmian Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin ini. Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Baca Juga: Kapasitas Jadi 70 Persen, Ketua Satgas Covid-19 Tinjau Bioskop di BIP

Tinjau Jembatan Sei Alalak Naik Rantis

Kendaraan taktis (rantis) P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kembali menjadi pilihan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk ditumpangi dalam rangkaian kunjungan kerja.

Setelah sebelumnya dijajal saat kunjungan kerja di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, kali ini rantis yang sama dipakai Presiden di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Presiden Jokowi menumpangi rantis tersebut saat menuju Jembatan Sei Alalak dari RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin.

Presiden tampak duduk di kursi depan, sementara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut di kursi baris kedua.

Setelah meresmikan Jembatan Sei Alalak, Presiden kemudian kembali menaiki rantis tersebut untuk menjajal jembatan. Kali ini giliran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang turut serta naik rantis tersebut. Selepas itu, Presiden dan rombongan menuju ke Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

(Yanis)

Baca Juga:

Menuju KNH 2021: Perhumas Usung Semangat Resiliensi dan Optimisme Untuk Indonesia Tumbuh

PPKM LEVEL 2, Inilah Aturan dan Perbedaan Level-nya

Daftar Lengkap PPKM Level 1 - 3 Se-Indonesia Hingga 1 November

Bukti Pembayaran Pajak, Stiker Hologram Akan Ditempel di Kendaraan

Ikon Wisata Baru, Bogor Bakal Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Berita Terkait