Perubahan RPJMD 2018-2023, Pansus IX DPRD Jabar Kunjungi TPPAS Lulut Nambo Bogor



Bandung, Beritainspiratif.com - Panitia Khusus (Pansus) IX DPRD provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo Kabupaten Bogor, Selasa, (2/2/2021).

Kunjungan tersebut untuk mendapatkan masukan terkait program pengelolaan sampah, yang akan dituangkan kedalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023.

Wakil Ketua Pansus IX DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira mengatakan, sampah dapat menghasilkan nilai ekonomis.

Pasalnya, sampah yang dikelola secara baik bisa menghasilkan pupuk kompos dan biogas, yang akan menambah pendapatan daerah.

Dalam kaitan ini Yunandar mendorong Pemprov. Jawa Barat, untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota melalui program pengelolaan sampah.

"Hal itulah yang merupakan bentuk strategis yang seharusnya dituangkan kedalam perubahan RPJMD, sehingga jikalau perlu seluruh kota kabupaten di Jabar harus ada program pengelolaan sampah minimal ada bank sampah," tegas Yunandar.

TPPAS Lulut Nambo merupakan salah satu sarana strategis milik Pemprov. Jawa Barat, yang dibangun untuk menyelesaikan masalah sampah di kawasan Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

"Pansus IX ingin memperdalam perkembangan TPPAS Lulut Nambo dan membahas prospek kedepan. Permasalahan di Lulut Nambo juga harus segera di selesaikan," tutur Yunandar.

Lebih lanjut Yunandar berharap TPPAS Lulut Nambo dapat segera beroperasi, sebagai solusi dalam upaya menuntaskan permasalahan sampah di wilayah Bodebek.

(Ida)

Baca Juga:

Berita Terkait