Siapkan Penyuluh Agama Sehat Jasmani, Kemenag Jabar Gelar Porseni



Bandung, Beritainspiratif.com - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat melalui kelompok kerja penyuluh menggelar Pekan Olahraga dan Seni untuk pertama kalinya bagi seluruh penyuluh agama di Provinsi Jawa Barat, pembukaan kegiatan tersebut di gelar di Sport Jabar Aracamanik, Kota Bandung pada Sabtu (8/12/2018)

Berdasarakan keterangan Ketua Pelaksana, Asep Totoh Gozali bahwa kegiatan yang sudah disiapkan selam 4 bulan tersebut diikuti oleh 23 kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Karena ada satu dan lain hal, 4 kabupaten/kota berhalangan hadir yakni Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Bogor, dan Kabupaten Kuningan," jelasnya.

Ketua Pelaksana Porseni Penyuluh Agama Kemenag Jabar, Asep Totoh Gozali 

Selain itu, acara tersebut bertema "Dengan Porseni KitaTingkatkan Sportivitas, Kreativitas, Diantara Sesama Penyuluh Agama," berlangsung sampai pukul 17.00 WIB.

"Kita ingin para penyuluh ini kan biasanya melakukan penyuluhan ke olahragawan nah sekarang gantian, penyuluh agama yang diajak olahraga bersama," ungkapnya.

Adapun bidang yang dipertandingkan ada 3 cabang lomba yakni catur, bola voli dan seni suara.

"Untuk seni suara sesungguhnya kalau kita mengambil istilah kalau paduan suara kan 20 orang tapi ini 10 - 12 orang saja jadi kita sebut ini dengan seni suara dan lagunya tentu lagu religi, lagu wajibnya itu mars penyuluh agama. Ada lagu bebasnya yaitu lagu-lagu tradisional diantaranaya ada Putri Bandung, Es lilin, dan Manuk Dadali," jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan penyuluh mampu berkreatifitas, jangan sampai, kata Asep, para penyuluh jangan hanya kesannya penyuluh itu hanya melakukan penyuluhan saja, tapi olahraga juga bisa jadi sarana untuk dakwah, begitupun dengan seni, semuanya bersinergi.

"Kita harap agar para penyuluh selain sehat secara fisik juga timbul kebersamaan dan kedekatan secara emosional denga itu program-program yang dilakukan para penyuluh akan berjalan baik," pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait