Sejarah Stadion Sidolig yang Bakal Jadi Venue Latihan Tim Piala Dunia U-20

Bandung, Beritainspiratif.com – Stadion Sidolig menjadi saksi perjalanan panjang Tim Persib Bandung sejak berdiri pada 14 Maret 1933. Perjalanan Persib Bandung sebagai salah satu bond nasional di Bandung penuh rintangan Persib hingga pernah dikucilkan dan diremehkan oleh bond bikinan Belanda di Bandung, VBBO (Voetbal Bond Bandoeng & Omstraken).

Stadion Sidolig menjadi masalah besar karena semua lapangan yang ada di kota Bandung dikuasai oleh pemerintahan Belanda. Persib beruntung memiliki tokoh-tokoh nasionalis yang peduli kepada perserikatan tersebut.

Baca Juga:Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Selain VBBO pernah ada bond nasional lainnya, seperti BIVB (Bandoeng Inlandische Voetbal Bond) yang mewakili kota Bandung. Namun dalam perjalanannya, nama mereka hilang. Jadilah Tim Maung Bandung sebagai satu satunya bond nasionalis yang datang ke kompetisi PSSI dari kota Bandung.

Cibiran dari VBBO pun tak membuat Persib melemah, bahkan mereka berhasil membungkam VBBO dengan membawa pulang gelar juara tahun 1937 dari ‘wonderteam’ saat itu, Persis Solo. 

Dilansir dari suryaravelamanulloh.blogspot seiring berjalannya waktu, VBBO pun membubarkan diri. Persib yang bermain di Lapangan Cilentah, Lapangan Ciroyom, dan Tegalega menyambut gembira dengan pembubaran bond bikinan Belanda.

Beberapa klub anggota VBBO pun berbondong-bondong masuk ke Persib, seperti UNI dan Sidolig. Bahkan Persib ketiban untung dengan mendapatkan lapangan eks VBBO, seperti Lapangan UNI (sekarang alun-alun kota Bandung), Lapangan Sidolig dan juga Lapangan Sparta (Stadion Siliwangi). Jadilah Persib memiliki lapangan untuk membina timnya.

Tak hanya lapangan legendaris di pinggiran kota Bandung seperti Cilentah, Ciroyom dan Tegallega, Persib semakin identik sebagai ikon sepak bola Bandung dengan hijrah ke lapangan tengah kota Bandung. 

Aloon-Aloon Bandoeng atau Lapangan UNI yang dulu lebih identik dengan orang-orang Belanda pun berubah dengan lautan pribumi yang ingin melihat Persib singgah bermain di lapangan yang kini menjadi taman kota di Bandung.

Baca Juga:Stadion-sidolig-bandung-jadi-tempat-latihan-peserta-piala-dunia-u-20

Renovasi Untuk Tim Piala Dunia U-20

Stadion Sidolig yang merupakan warisan Belanda dari Mr. Frans Sidolig dan biasa digunakan Persib Bandung berlokasi di Jln. Jend. Ahmad Yani, Kota Bandung bakal menjadi salah satu lapangan berlatih tim Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Wali kota Oded M Danial mengungkapkan, Stadion Sidolig akan direnovasi menggunakan standar rumput kualitas internasional. dan Lapangan bakal memiliki sistem pengairan yang baik.

“Perbaikan di infrastruktur juga dilakukan seperti fasilitas toilet, ruang ganti dan lampu penerangan stadion. Proses renovasi bakal berlangsung selama 6 Bulan,” ungkap Oded pada saat Groundbreaking, Jum’at (6/11/2020).

Yanis

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

3. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Bagikan: