Petani Ikan di Bogor Siap Menangkan Ridwan Kamil Jadi Gubernur



Bogor, Beritainspiratif.com – Petani ikan yang terbagung dalam Paguyuban Petani Jaya Bersama di Kabupaten Bogor menyatakan siap memenangkan Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang.

Alasan mereka, program Rindu (Ridwan Kamil – Uu) sangat kongkrit untuk mendorong produk ikan di Kabupaten Bogor mendunia dan membuka akses permodalan usaha bagi petani ikan Bogor.

Hal itu terungkap dalam dialog antara Ridwan Kamil dan petani ikan yang tergabung dalam paguyuban tersebut di desa Tegal, Kemang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/4).

Menurut Ketua Unit Pengembangan Pelayanan di Paguyuban Petani, Umar Hamzah, petani membutuhkan pemimpin yang berpengalaman dan sudah memberi bukti. Di Bandung ada kredit Mesra (Mesjid Sejahtera) untuk masyarakat yang membutuhkan modal usaha. Ini jelas program yang konkrit.

“Karenanya kami tegas tidak akan memberikan pilihannya kepada pasangan yang lain,” kata Umar Hamzah di hadapan Ridwan Kamil yang mengawali kampanye di hari ke 54 itu di Kabupaten Bogor.

Umar menjelaskan, pihaknya tidak akan tergiur oleh janji-janji paslon lain yang belum terbukti. “Kredit mesra itu solusi. Kalau kami petani tidak perlu diberi, cukup beri kailnya nanti kami bergerak sendiri. Insyaallah jadi gubernur," kata Umar dengan suara lantang.

Paguyuban Petani Jaya Bersama memiliki 42 kelompok petani ikan yang berasal dari 517 Kepala Keluarga. Mereka mengembangkan pembibitan ikan hias dan ikan konsumsi.

Produksi ikan tersebut setiap bulannya disalurkan ke wilayah Jabodetabek 36 ton dan 20 ton ke daerah lain di Indonesia. Paguyuban memiliki 23 pengembangan pelayanan ikan di wilayahnya.

Dalam dialog tersebut Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu petani untuk mendapatkan akses permodalan usaha, bekerja sama dengan bank bjb. Tak hanya itu, penerima 310 penghargaan dalam tempo 4 tahun ini juga akan membawa potensi perikanan Bogor ke dunia internasional dengan membuat event karnaval internasional.

"Kita usulkan supaya dibikin pariwisata perikanan. Bentuknya, seperti edukasi, bikin karnaval ikan. Saya akan bantu fasilitasi untuk menaikan citra Bogor ke dunia internasional, yang identik dengan perikanannya," ujarnya. (Yones)

Berita Terkait