LPM Diharapkan Sikapi Pola Pemberdayaan 9 Daerah Otonomi Baru di Jabar

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemrov Jabar Dedi Sopandi mewakili Gubernur Jabar memberikan sambutan pada apel Penguatan Kelembagaan LPM se-Kota Bandung sekaligus Pencanangan kegiatan Bulan Bakti Gotong Rorong (BBGRM) ke XX menyambut HUT LPM ke-23 Tahun 2023 berlangsung di Alun-Alun Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Minggu (23/7/2023). / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, menggelar acara Penguatan Kelembagaan LPM sekaligus Pencanangan kegiatan Bulan Bakti Gotong Rorong  (BBGRM) ke XX menyambut HUT LPM ke-23 Tahun 2023 berlangsung di Alun-Alun Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Minggu (23/7/2023).

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi acara, kegiatan tersebut diawali pada pagi hari dengan melakukan bebersih disekitar Alun-alun Ujungberung dan dilanjutkan dengan senam pagi bersama.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemrov Jabar Dedi Sopandi  yang membuka kegiatan LPM tersebut mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyampaikan selamatnya.

“Selamat Ulang tahun yang ke-23 dan BBGRM yang ke-XX,” ungkap Dedi mengawali sambutannya.

Baca Juga: Domba Garut Kota Bandung Raih Juara Ajang Kontes Ternak di Sumedang

Dedi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah telah menyetujui 9 daerah otonomi baru yang ada di Jawa Barat.            

“Jadi kepada LPM Jabar dan Kota Bandung kami minta dapat menyikapi bagaimana kita mengambil pola-pola pemberdayaan pada saat daerah otonomi baru tersebut akan hadir,” jelasnya.

Adapun 9 daerah otonomi baru di Jabar tersebut adalah Bogor Barat, Bogor Timur, Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, Indramayu Barat, Subang Utara, Garut Utara dan Garut Selatan.

“Khusus Daerah Subang Utara nantinya seluruhnya adalah daerah Patimban nantinya,” tegasnya.

“Jika seluruh LPM yang hadir disini, ingin mencoba mengembangkan pemberdayaan di daerah otonomi baru, maka sikapi hal-hal yang tadi,” ungkapnya.

Baca Juga: HUT Ke-23, Ribuan Pengurus LPM se-Kota Bandung Gelar Apel di Alun-Alun Ujungberung

Dedi melanjutnya bahwa saat ini tercatat 124 jemaah haji Indonesia yang meninggal tahun ini. Kota Bandung ada 7. Tahun ini mulai diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

“Jadi dengan munculnya Cisumdawu, maka keberangkatan jemaah haji di tahun depan, semuanya diberangkatkan dari Bandara Kertajati, kecuali wilayah Bodebek yang akan diberangkatkan dari Jakarta,” tegasnya.

Terakhir disampaikan Dedi Sopandi bahwa akan hadir akses-akses baru yang ada di Jawa Barat, dari mulai Tol Gedebage, Cilacap dan juga ada beberapa akses tol di tempat lainnya.

 

Baca Juga: Terbaru! KPU Larang Pasang Alat Peraga Kampanye Pemilu 2024 di Tempat Ini

“Maka persiapkan, karena semuanya kita akan tergusur oleh kemajuan zaman, kalau aspek pemberdayaan itu tidak ditingkatkan. Peningkatan pemberdayaan di LPM dan seluruh kepala daerah harus melakukan pemberdayaan yang berbasis masyarakat,” lanjutnya.

Ia melanjutkan bahwa pada Desember 2023 ini akan habis jabatan kepada daerah sebanyak 16 kepala daerah.

“September akan habis 7 kepala daerah, dan akan menghadirkan pejabat (Pj) kepala daerah,” tambahnya.

“Itu semua karena dampak dari pilkada serentak. Perubahan tersebut harus disikapi LPM dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim saya buka BBGRM yang ke XX, dan selamat ulang tahun yang ke-23 untuk LPM,” tutupnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

-Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung Bandara Kertajati, Cileunyi-Cipali 40 Menit

-Alat Peraga Kampanye 2024 Akan Dicopot Jika Dipasang di Tempat Ini

-Masuk 5 Besar Tingkat Nasional Regional II, SUKAMISKIN Jalani Klarifikasi Lapangan

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

 

Berita Terkait