Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

Foto: akun instagram @dpmdesajabar / Tangkapan Layar (Ist)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat mengumumkan para  pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 pada Senin (26/6/2023).

Dalam akun instagram @dpmdesajabar Senin (26/6/2023), DPM Desa Provinsi Jawa Barat  mengumumkan Desa dan Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dan melaju pada Lomba Tingkat Nasional yakni:

Kategori Desa:

Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut

Kategori Kelurahan:

Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Baca Juga: Kelurahan Sukamiskin dan Desa Cinta Garut, Wakili Jabar ke Tingkat Nasional

Dipantau dan diikuti langsung Beritainspiratif.com, berikut perjalanan Sukamiskin menuju Kelurahan terbaik di Jawa Barat tahun 2023:

1. Lomba Tingkat Kota Bandung

Kelurahan Sukamiskin mengikuti lomba kelurahan tingkat Kota Bandung berlangsung di The Papandayan Hotel Bandung, pada Rabu, 24 Mei 2023 lalu.

Pemerintah Kota Bandung melalui Keputusan Wali Kota Bandung Nomor: 148/Kep.820-Tapem/2023 tertanggal 29 Mei 2023 menetapkan 6 Kelurahan sebagai juara dalam lomba Kelurahan Tingkat Bandung yakni Kelurahan Sukamiskin, Kelurahan Situsaeur, Kelurahan Pasir Impun, Kelurahan Antapani Tengah, Kelurahan Pasir Biru dan Kelurahan Sukagalih.

Dalam lomba tingkat Kota Bandung tersebut paparan disampaikan oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Ketua LPM Sukamiskin Aan Sumaedi dan Ketua PKK Sukamiskin Inda Cuwenda

Kelurahan Sukamiskin melaju pada lomba tingkat Provinsi Jabar setelah berhasil menempati Juara pertama Lomba Kelurahan di tingkat Kota Bandung.

Sebelumnya Kelurahan Sukamiskin juga dilakukan kunjungan oleh Tim Penilai Klarifikasi Lapangan (Bappelitbang dan Bagian Tapem) serta Asisten Pemeritahan dan Kesra Setda Kota Bandung Asep S. Gufron.

Baca Juga: PT Len Industri Salurkan Hewan Qurban ke Yayasan Roda Amal Bersama dan Warga Sekitar

2. Penyisihan 27 Kota/Kabupaten di Jabar

Mewakili Kota Bandung, Kelurahan Sukamiskin mengikuti babak penyisihan Lomba Desa/Kelurahan yang diikuti oleh 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat berlangsung pada Selasa 6 Juni 2023 di The Hotel Fave Kabupaten Garut.

Didampingi Camat Arcamanik Willy Yudia Laksana, Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan paparan profil Kelurahan Sukamiskin dan dilanjutkan sesi tanya jawab juri.

Baca Juga: Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

3. Pengumuman 5 besar Desa/Kelurahan terbaik di Jabar

Melalui akun instagram Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat @dpmdesajabar, Senin (12/6/2023), mengumumkan 5 Desa/Kelurahan terbaik yang lolos mengikuti lomba tingkat Provinsi Jawa Barat yakni:

KATEGORI DESA 

Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Desa Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta dan Desa Luragungtonggoh Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. 

KATEGORI KELURAHAN 

Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, dan Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.    

4. Mengikuti Seleksi 5 Besar Desa/Kelurahan di Jabar

Kelurahan Sukamiskin mengikuti lomba 5 besar Desa dan Kelurahan tingkat Jawa Barat berlangsung di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta No.468 Kota Bandung.

Acara tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 14 Juni 2023 untuk 5 Besar Kelurahan dan  tanggal 15 Juni 2023 untuk 5 Besar Desa di Jawa Barat.

Dalam paparan tersebut Lurah Sukamiskin Farida Agustini didampingi oleh Ketua LPM Sukamiskin Aan Sumaedi dan Ketua PKK Sukamiskin Inda Cuwenda.

Diselingi dengan berbagai yel-yel dan nyanyian lagu Kang Pisman, Ekspose profil Kelurahan Sukamiskin disampaikan Lurah Sukamiskin Farida Agustini. Dalam sesi tanya jawab bersama mengupas tentang UMKM, kegiatan PKK, dan keberhasilan pengelolaan sampah di Kelurahan Sukamiskin  yang telah diterapkan di 14 RW melalui program Pemerintah Kota Bandung KANG PISMAN (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan).

Tonton Juga: Video Sukamiskin saat Klarifikasi Lapangan 3 Besar Tingkat Provinsi

5. Pengumuman 3 Desa/Kelurahan Terbaik di Jabar

Melalui pengumuman di akun Instagram Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat @dpmdesajabar pada Jum’at (16/6/2023) menetapkan 3 besar desa/kelurahan yang lolos ke tahap selanjutnya yakni tahap klarifikasi lapangan.

KATEGORI DESA 

1. Desa Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta

2. Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

3. Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut

KATEGORI KELURAHAN 

1.  Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi

2.  Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

3.  Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Baca Juga: SUKAMISKIN Lolos 3 Besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat

6. Klarifikasi Lapangan

Setelah Sukamiskin lolos ke 3 besar lomba desa/kelurahan, Kelurahan Sukamiskin menjalani tahap klarifikasi lapangan tim juri dari DPM Desa Provinsi Jabar berlangsung di Kantor Kelurahan Sukamiskin Jalan Pacuan Kuda Arcamanik Kota Bandung, berlangsung pada Kamis tanggal 22 Juni 2023.

Kehadiran juri di Sukamiskin disambut meriah dengan tarian dan pengalungan bunga oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini kepada Ketua Dewan Juri. Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan ekspose profil Kelurahan Sukamiskin oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini dengan program andalan KANG PISMAN.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan (administrasi, red) ke gedung Kantor Kelurahan Sukamiskin mulai dari UMKM, ruang kerja pelayanan, LPM, PKK, kantor bersama (Babhinkamtibmas, Babinsa, Forum RW, KIM, UPZ) dan melihat berbagai penghargaan Kelurahan Sukamiskin.

Baca Juga: Progres Fly Over Ciroyom Capai 33,5 Persen, Ada Cagar Budaya yang Terdampak

Usai meninjau Kantor Kelurahan Sukamiskin, rombongan  dewan juri dengan menggunakan kendaraan Bandros melakukan peninjauan ke Kawasan Bebas Sampah (KBS) di RW RW.

Di RW 17 Sarimas disambut Ketua RW M Muaf, juri meninjau Posyandu Manggis (Juara 2 Tingkat Kota Bandung 2022, red), kerajinan lilin dengan berbagai produk terbaik, dan sajian makan siang di tengah pemandangan indah Kolam Retensi dengan ikan bakar hasil dari keramba ikan kolam retensi.

Disini juga terdapat Buruan SAE dan Ruang terbaik pengolahan sampah KANG PISMAN.

Di RW 02 Sukamiskin disambut meriah dengan pencak silat warga setempat, dan paparan oleh Ketua RW Deny Sukirman. RW 02 ini merupakan kawasan waste to food memadukan pengolahan sampah Kang Pisman dan Buruan SAE dengan berbagai peternakan ikan, ayam dan berbagai jenis sayuran dipadukan dengan metode OTG (Organik Tower Garden)

Di RW 01 TPST Simpel paparan disampaikan Ketua RW Wawan Setiawan. Kawasan ini mendapat dukungan penuh dari CSR PT KAI. Di RW 01 ini memiliki pembakaran sampah residu dan berbagai produk dari sampah. di RW 01 ini warga tidak lagi melakukan pembuangan ke TPS, semua selesai di level RW.

Di RW 14 juri diajak ke lokasi pertanian seni tani swadaya warga setempat. Berlokasi di bawah sutet yang semula tempat pembuangan sampah residu hingga kasur kini disulap menjadi pertanian dengan berbagai sayuran yang sudah merambah ke berbagai wilayah.

Di RW 09 disambut Ketua RW Dandan, dikenal sebagai Kawasan Bebas Sampah ‘Kampung Takakura’. Di lokasi ini dewan juri disuguhkan dengan praktek pembuatan eco enzim, pengolahan sampah dengan metode takakura dan menyaksikan langsung pemakaian kompor dengan menggunakan gas dari sampah organik.

Diakhir kunjungan tim juri terlibat langsung dan turun ikut menari dalam suguhan tarian line dance yang dipandu oleh komunitas dari KPAE Arcamanik.

7. Pengumuman Desa/Kelurahan Terbaik 1 di Jabar

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat melalui akun instagram @dpmdesajabar Senin (26/6/2023) mengumumkan Desa/Kelurahan yang mewakili Provinsi Jawa Barat  di tingkat Nasional yakni.

Kategori Desa: Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut  

Kategori Kelurahan: Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

“Selamat berjuang di tingkat nasional,” tulis akun instagram @dpmdesajabar

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-TERBARU! Pembuatan SIM Wajib Lampirkan Sertifikat Mengemudi dan BPJS

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

-INSPIRATIF! Bhabinkamtibmas yang Sukses, Kurangi 2 Ton Sampah Organik/Hari di Kota Bandung

-Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

-Kelurahan Sukamiskin dan Desa Cinta Garut, Wakili Jabar ke Tingkat Nasional

 

Berita Terkait