Mengenal AULIA AKBAR Desainer Asal Bandung Pemenang Logo IKN

Presiden Jokowi (kiri) bersama Aulia Akbar (kanan) usai meluncurkan logo IKN, Selasa (30/05/2023), di Istana Negara, Jakarta. / Foto: ANTARA/Ist


BERITAINSPIRATIF.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (30/05/2023), di Istana Negara, Jakarta. Logo karya Aulia Akbar tersebut akan menjadi identitas visual bagi IKN yang memiliki tema Pohon Hayat dengan sejumlah makna.

Dilansir akun Instagram resmi IKN, logo IKN Nusantara "Pohon Hayat Nusantara" tersebut terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Nusantara.

Logo IKN Nusantara Pohon Hayat itu nampak terdiri dari lima akar pohon, dengan tujuh batang, dan ada tujuh belas kembang mekar.

Logo IKN "Pohon Hayat Nusantara" tersebut masing-masing memiliki makna yakni:

5 akarnya melambangkan Pancasila

7 batangnya mewakili pulau besar

17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi

Logo bertema Pohon Hayat tersebut mempunyai kelebihan tersendiri, dan merupakan penggabungan dari lima akar di bagian bawahnya dan lima akar tersebut merepresentasikan Pancasila. Adapun tujuh batang pada bagian tengah mewakili gugusan pulau besar di Indonesia.

Aulia Akbar sang desainer, menjelaskan pohon hayat juga menjadi penanda keberagaman Indonesia. Dia mencontohkan warna bendera kebangsaan Indonesia sebagai satu kesatuan.

"Ini tuh bisa jadi suatu penanda bahwa di atas keberagamaan kita pasti kita bisa bersatu, seperti layaknya bendera Merah Putih kan ya, kita menyebutnya merah dan putih, dan bukan jingga,"ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Resmi Luncurkan Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Inilah Maknanya!

Kemenangan Aulia Akbar tersebut tersebut berdasarkan perolehan suara lebih dari 500.000 yang diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sayembara tersebut berlangsung sejak 4 April hingga 20 Mei dan tentunya tidak mudah dilewati oleh Aulia Akbar karena ada ratusan desainer lain yang turut berpartisipasi dalam sayembara tersebut.

Sebagai pemenang tidak hanya logonya saja yang terpilih, Aulia Akbar juga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 185 juta atas karyanya tersebut.

Baca Juga: CFD Dago Bandung is Back! Simak Waktu dan Tata Tertibnya

Sosok Aulia Akbar

Aulia Akbar merupakan seorang desainer grafis lulusan dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung tahun 2014. Aulia Akbar tinggal di Bandung, Jawa Barat dan sudah lama berkarier dalam dunia desain grafis.

Melansir dari profil Linkedinnya Aulia Akbar saat ini menjabat menjadi Design Researcher di POT Branding House dan aktif mengajar desain grafis. Tercatat Aulia pernah mengajar desain grafis di Pixel Ninja ID dan juga di Institut Teknologi Nasional (ITENAS).

Ia juga pernah menempuh pendidikan di SMAN 25 Bandung dan aktif dalam sejumlah kegiatan diantaranya sebagai Co-Founder 25Graphy Exschool of Photography.

Baca Juga: 1.667 Personel Polri Akan Dipindah ke IKN, Ini Rinciannya!

Dalam biografinya di pixelninja.id, dituliskan, Aulia Akbar (31) adalah seorang desainer grafis asal Bandung yang berfokus pada brand identity design dengan metoda branding Human Brand Model (POT Branding House) dan selalu berupaya konsisten untuk melihat dampak sosial dan budaya dari desain yang telah dirancang, baik komersial atau proyek sosial.

Dalam kesehariannya, ia berkarier menjadi Art Director di POT Branding House, sebuah konsultan branding di Bandung (2016-sekarang).

Aulia Akbar diketahui juga menjadi dosen luar biasa di ITENAS di jurusan DKV (2016-2017), mata kuliah proyek desain dan desain identitas) serta aktif dalam mengelola forum desainer grafis muda BDF (Bandung Design Friendly) & ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Bandung Chapter.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Ketua RT dan RW Se Kota Bandung Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif

-Kabar Gembira! Kota Bandung Buka Jalur Khusus AFIRMASI Untuk Siswa SD-SMP Tidak Mampu

-Presiden Resmi Luncurkan Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Inilah Maknanya!

 

Berita Terkait