Tim Dosen SBM ITB, Menangkan Kompetisi Pedagogi Pembelajaran Impactful Five (I5) Grant

dok. SBM ITB


BERITAINSPIRATIF.COM - Tim dosen SBM ITB yang terdiri dari: Melia Famiola, PhD, Dr. N. Nurlaela Arief, Dr. Prameshwara Angahegari dan Amilia Wulandari, MSi memenangkan impactful five (i5) Grant United Nation Principle Responsible Management Education (UN PRME) yang diselenggarakan oleh PRME chapter Asean.

i5 grant diberikan untuk mata kuliah yang diselenggarakan oleh sekolah bisnis di seluruh dunia untuk mata kuliah yang dianggap inovatif dalam pembelajarannya untuk meningkatkan tingkat engagement mahasiswa terhadap isu keberlanjutan khususnya sustainanle development goal (SDGs).

Tim SBM membawakan 2 matakuliah utamanya dalam event ini yaitu Kewirausahaan sosial dan Sistem Manajemen Lingkungan. Presentasi dan penjurian dilaksanakan pada 14 April 2023 secara daring, mata kuliah Kewirausahaan Social dipilih sebagai salah satu pemenang bersama dengan pemenang yang lain yang berasal dari Da La Saile university Philippine dan Monash University Malaysia. Mata Kuliah Social Entrepreneurship akan menerima dana pengembangan pendidikan sebesar $2430.

Baca Juga: KPU Kota Bandung Buka Pendaftaran Caleg DPRD Kota Mulai 1 Mei

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh

Menurut Melia Famiola, PhD. Koordinator PRME SBM ITB “Matakuliah Social Entrepreneurship yang diselenggarakan oleh Program Studi Kewirausahaan SBM ITB, menampilkan model pembelajaran yang bersifat project based dengan menekankan experiential learning dengan konten 50% mendorong mahasiswa untuk aktif berkerja dengan minatnya terhadap isu-isu sosial dan lingkungannya. Dari kuliah Social Entrepreneurship ini, paling tidak SBM ITB sudah mengembangkan 11 project yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester yang terkonsentrasi pada 5 isu: energi terbarukan, manajemen sampah berbasis komunitas, urban food security bio-entrepereneurship dan Pendidikan”.

Baca Juga: Kunjungan ke Masjid Al Jabbar Meningkat Tajam Capai Tertinggi 33.606 Orang/hari

Selain mendapatkan grant, dewan juri yang berasal dari UN PRME Headquarter mengapresisasi bahwa model pembelajaran tim SBM ITB dianggap paling dinamis dalam dua mata kuliah yang dipresentasikan.

i5 grant adalah sebuah program utama dari UN PRME yang disponsori oleh Lego Foundation untuk mengembangkan strategi dan padagogi pembelajaran di sekolah bisnis seluruh dunia yang memiliki misi bagaimana mengembangkan pembelajaran untuk keberlanjutan yang memiliki 5 karakteristik: 1) membuat proses belajar menjadi meaningful; 2)memfasilitasi active engagement mahasiswa selama pembelajaran; 3) di desain dengan iterasi untuk terus melakukan perbaruan teknik pembelajaran terhadap isu sosial dan lingkungan; 4) dikembangkan untuk bisa melakukan iterasi sosial baik sesama peserta belajar dan juga dengan masyarakat luar; 5) pembejaran menstimulasi antusias mahasiswa, belajar dengan menyenangkan dan merasakan positif impact dari proses yang dijalaninya baik bagi dirinya mau pun bagi masyarkat luas” tutup Melia.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru April 2023

-Mulai Berlaku, Hari Kerja Semua PNS Baik Pusat/Daerah Hanya 5 Hari

-MUDAH! Begini Cara Cek Saldo e-Toll Lewat HP

Berita Terkait