BMKG: Gempa M 4,3 di Garut Akibat Aktivitas Sesar Garsela

Foto Getty ImagesiStockphotoPetrovich9


Garut, Beritainspiratif.com - Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, menyampaikan telah terjadi gempa berkekuatan M 4,3 terjadi di Garut pada koordinat 7,27 LS-107,73 BT. Gempa tersebut tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR pada kedalaman 3 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," ujar Hartanto dalam keterangan resmi,Kamis (2/2/2023).

Baca Juga: Wali Kota Bandung Cabut Kepwal Kenaikan Tarif Air Minum PDAM

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Garut, Pasirwangi, Cisurupan, Bayongbong, Samarang dengan Skala Intensitas IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Selain itu gempa juga terasa di Bandung, Lembang, Pangalengan, Pacet, Cileunyi, Sumedang dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga pukul 23:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” jelasnya. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(Yanis) 

Baca Juga:

-Cara Aktivasi NIK Jadi NPWP Melalui Handphone

-Sanksi Bagi Pelaku Usaha yang Belum Bersertifikat Halal Sampai 2024

-Penggunaan Seragam Satpam Warna Krem Sudah Berlaku

-Forum RW Pertanyakan Pembentukan Badan Adhoc, Ini Kata KPU Kota Bandung

-Wali Kota Bandung Cabut Kepwal Kenaikan Tarif Air Minum

Berita Terkait