Forum RW Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp110 Juta lebih di Tujuh Desa di Cianjur

Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana dan rombongan saat menyerahkan simbolis bantuan di Kampung Cisalak, Desa Sukawangi Kecamatan Warung Kondang Cianjur, Minggu (27/11/2022) / Forum RW Kota Bandung


BERITAINSPIRATIF.COM - Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana melepas keberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk  warga yang terdampak akibat gempa dengan 5.6 magnitudo yang telah mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin, 21 November 2022 yang lalu.

H. Lily Maulana dalam pelepasan pemberangkatan yang berlangsung di Sekretariat Forum RW Kota Bandung Jalan Sarimas IV No.2 Kota Bandung menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Pengurus Forum RW Kota Bandung dan Forum RW Kecamatan yang telah peduli untuk berbagi kepada saudara-saudara kita di Cianjur.

“Kami jajaran Pengurus FRW Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pengurus FRW Kecamatan atas kesediaannya mengumpulkan donasi sekaligus ikut serta dalam rombongan ini, mudah-mudahan Allah SWT membalasnya berlipat ganda, Aaminn YRA,” ungkap H.Lily.

Baca Juga: Jemaah Umrah Kembali Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Majalengka

Berdasarkan laporan Sekretariat Forum RW Kota Bandung yang diterima Beritainspiratif.com Senin (28/11/2022) H Dodo Sumantri menyampaikan bahwa keseluruhan dana yang berhasil terkumpul dari Forum RW Kota, Kecamatan dan Kelurahan semuanya adalah sebesar Rp110.856.900,-

“Dana tersebut terkumpul dari Forum RW Kecamatan/Kelurahan Antapani, Cibeunying kidul, Cinambo, Paster Sukajadi, Lebakgede Coblong, Mandalajati, Panyilekan, Buah batu, Pengurus Forum RW Kota Bandung dan lainnya,” ungkapnya.

“Seluruh bantuan yang terkumpul tersebut diberikan dalam bentuk barang dan bahan makanan, antara lain: Beras, Air, Lampu Emergency, bahan makanan, 130 karpet plastik, 10 kompor gas, minyak, susu, pakaian/anak, mie instan, keperluan mandi, 100 sarung, 150 selimut, 10 tabung gas 3kg, tenda terpal & tambang sebanyak 60 buah dan lainnya,” tambahnya.

“Kemarin Tim berangkat dengan menggunakan 22 unit kendaraan termasuk truk dari TNI, dengan total tim pengantar 52 orang berasal dari Forum RW Kelurahan dan Kecamatan dan lainnya,” lanjutnya.

Baca Juga: ASN Pemkot Bandung Donasi Rp845 Juta Lebih untuk Korban Gempa di Cianjur

Ketua Forum RW Antapani Riyanto yang juga berangkat disertai Lurah Antapani Wetan dan Babinsa/Bhabinkamtibmas, menyampaikan bahwa kami dari Kecamatan Antapani membawa 1 mobil dan 1 truk TNI.

“Kita membawa paket antara lain mie instan kurang lebih 200, baju 90 box, makanan bayi, terus air mineral 50 box. Untuk uang tunai kita masih ada saldo, nanti akan dibelanjakan lagi untuk tahap kedua,” ujar Riyanto.

Baca Juga:

-Inilah Daerah yang Dilewati Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa di Cianjur

-Gempa Cianjur, Pemerintah Bantu untuk Rumah Rusak Berat Rp50 Juta

-Bukan Sesar Cimandiri, Ahli Unpad Ungkap Penyebab Lain Gempa Cianjur

-WAJIB TAHU! inilah 6 Cara Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Ditempat yang sama Ketua Forum RW Pasteur Kecamatan Sukajadi H Ridwan menyampaikan terima kasihnya kepada donatur yang telah menitipkan bantuan kepada Forum RW.

“Alhamdulillah donasi dari warga Pasteur ada disekitar Rp40 juta semuanya diberikan dalam bentuk barang. terima kasih ke warga paster atas sumbangsih dan donasinya, mudah-mudahan menjadi kebaikan bagi bapak/ibu semuanya,” jelas Ridwan.

Pada kesempatan sebelumnya Forum RW, PKK dan Karang Taruna Kelurahan Maleer juga berkesempatan menyerahkan bantuan dengan Tim dipimpin Rahmat Adiansyah (Ketua Forum RW Maleer) beserta rombongan.   

Lebih lanjut Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana menyampaikan bahwa bantuan ini disalurkan kepada warga pengungsian di tujuh titik lokasi bencana di Cianjur yang memerlukan bantuan mendesak.

“Posko penyaluran ini ada di tujuh titik meliputi desa Cikaroya, desa Mangunkerta, desa Cisalak, kampung Cariu, desa Bunisari, desa Cikanca dan posko Muhammadiyah Disaster Center,” jelasnya.

Baca Juga: Daftar 29 Bank yang Menjadi Peserta BI-Fast, Biaya Transfer Hanya Rp2.500

Dalam perjalanan menuju Cianjur rombongan berkesempatan istirahat sejenak di beberapa area termasuk di Rajamandala. Dalam kesempatan istirahat tersebut Ketua Forum RW Kota Bandung berkesempatan menjumpai Danramil Antapani Kapten Obang S.

“Danramil Antapani dan jajarannya ikut mengawal kami menyerahkan bantuan menuju lokasi pengungsian warga Cianjur, hatur nuhun….” ujar H. Lily.

“Alhamdulillah saya telah diundang oleh Forum RW, dan saya menyambut dengan baik karena ini kegiatan sosial,” ungkap Danramil Antapani, Arcamanik dan Rajamandala Kapten Obang S.

Sesampainya di lokasi titik penyaluran bantuan, Pengurus Forum RW dan rombongan pun turun langsung melakukan penurunan bantuan dan ikut serta membagikan bantuan kepada warga sasaran.

Ketua FRW Kota Bandung didampingi Ketua FRW Pasteur Sukajadi secara simbolis melakukan penyerahan bantuan di kampung Cibenda Desa Cikaroya dan H. Lily pun berkesempatan membagikan uang tunai kepada anak-anak di salah satu tenda pengungsian warga.

“Saya sebagai Ketua FRW dan FRW Pasteur Sukajadi menyampaikan amanah titipan dari masyarakat Kota Bandung khususnya Warga Pasteur untuk warga kampung cibenda, Desa Cikaroya,” ujarnya.

“Kami menyampaikan simbolis titipan sekaligus sebagai bentuk silaturahmi dari Ketua RW di Kota Bandung khususnya Pasteur," ujarnya.

"Mugi barokah dan semuanya selalu sehat wal afiat,” ujar salah satu warga penerima bantuan.

Sementara itu saat rombongan tiba di Kampung Cisalak, Desa Sukawangi Kecamatan Warung Kondang Forum RW Kota Bandung juga menyampaikan langsung bantuan tersebut ke warga terdampak sembari menunjukkan kondisi rumah yang hancur terdampak gempa di Cianjur.

“Kondisi ini membuat warga tinggal di tenda-tenda yang didirikan ditengah pemakaman warga,” terang H.Lily.

Rombongan juga berkesempatan menyaksikan tenda-tenda yang didirikan ditengah area pemakaman dan menunjukkan rumah warga yang retak dan hancur.

“Warga bermukim ditenda-tenda karena adanya kekhawatiran datangnya gempa susulan,” jelasnya.

Selain penyerahan di dua desa tersebut, Tim Forum RW Kota Bandung juga menyerahkan bantuan di desa lainnya yakni  desa Mangunkerta, kampung Cariu, desa Bunisari, desa Cikanca dan posko Muhammadiyah Disaster Center.

(YI) 

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

-9 Pelaku Usaha Terbaik di Kota Bandung Raih Penghargaan UMKM Award 2022

-Heboh, Bunga Bangkai Tumbuh di Galengan Sawah di Kota Bandung

-Batas Usia Petugas KPPS Pemilu 2024 Maksimum 55 Tahun

  

 

 

Berita Terkait