Warga Teladan Kota Bandung: Berkat Siti Nasronah Sukamiskin Capai ODF 95%

Warga Teladan Kota Bandung Siti Nasronah (kiri) bersama Lurah Sukamiskin Farida Agustini (kanan) usai menerima penghargaan di Balaikota Bandung pada acara Bandung Menjawab, Rabu (2/2/2022) / FK KIM Kota Bandung.


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan sangat berpengaruh bagi kesehatan lingkungan maupun sumber daya manusia. Siti Nasronah warga RW 10 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik termasuk warga yang sadar akan pentingnya hal tersebut sehingga mendapat penghargaan.

Open Defecation Free (ODF) merupakan salah satu janji wali Kota Bandung. Pasalnya, ODF berkaitan dengan kesehatan lingkungan dan pembangunan sumber daya manusia.

Atas hal itu juga, seluruh elemen masyarakat berusaha agar ODF tercapai di wilayahnya masing-masing.

Hal itu juga yang diupayakan oleh Siti Nasronah warga RW 10 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik.

Ia rela meminjamkan uangnya kepada warga untuk bisa membangun jamban yang sehat.

Tujuannya hanya satu yaitu membuat wilayahnya menjadi lebih sehat.

Baca Juga: HUT Ke-41, Seragam Baru Satpam Sekarang Berwarna Krem

Baca Juga: Provinsi Jabar Akan Miliki 17 Kabupaten Kota Baru, Inilah Daftarnya

Ia pun mendorong kepada masyarakat lainnya untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Salah satu contohnya tidak buang air besar sembarangan. 

"Warga ciptakan lingkungan sehat, sanitasi total berbasis masyarakat, dengan pilar nya itu stop BAB sembarang. Dalam hal ini kita galakan pilar peta aman dengan gunakan jamban sehat," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga turut menyosialisasikan masalah ODF ke warga sekitarnya.

Atas upaya-upaya itu Forum Komunikasi Ketua Kelompok Infomrmasi Masyarakat (FK KIM) Kota Bandung memberikan apresiasi kepada Siti. 

"Sebetulnya saya tidak mencari penghargaan. Motonya adalah Khairunnas Anfa'uhum linnas," katanya  di Balai Kota Bandung usai acara Bandung Menjawab, Rabu (2/2/2022). 

Ia berprinsip, sebaiknya-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat. 

"Harapannya kita ODF 100 persen, Alhamdulillah di Kelurahan Sumkamiskin 5 persen lagi ODF-nya," kata Siti.

Sementara itu, Forum Komunikasi Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kota Bandung, Meidi Mochammad Sidik mengatakan, apresiasi diberikan kepada Siti Nasronah karena dedikasi memberikan perubahan yang signifikan mengenai ODF.

"Kami memberikan warga teladan, ada warga berprestasi binaan namun wilayahnya yang harus diapresiasi diberikan penghargaan dalam rangka informasi masyarakat warga kegiatan luar biasa di wilayahnya," katanya.

 

Baca Juga: BPK RI: Pemkot Bandung Mantap Sekali, Capai TLHP 98,64 Persen

Ia mengatakan, KIM terus berkolaborasi dengan masyarakat untuk memberikan pembangunan yang baik sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Beberapa bidang itu KIM membentuk panitia seleksi yang menilai kinerja warga. Saat ini baru 2 orang kita beri penghargaan yaitu pak Sariban dan Ibu Siti," ujarnya. 

Sedangkan Lurah Sukamiskin, Farida Agustina mengaku  merasa bangga karena warganya berkontribusi dalam memajukan pembangunan. 

"Kita bangga senang warga ikut andil dalam ODF. Alhamdulillah berjalan. Kita 5 persen lagi untuk capai ODF," ujarnya. 

Ia mengatakan program di wilayahnya terus berjalan, mulai dari Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) juga Takakura sampai pengelolaan maggot. 

"RW di Sukamiskin itu terus aktif bergerak. Mulai dari Loseda, Takakura, Kang Pisman, Magot itu terus berjalan," tuturnya. 

Berdasarkan wawancara tim verifikasi lapangan dari FK KIM Kota Bandung pada Rabu (25/1/2022), Siti Nasronah dengan sukarela meminjamkan uang kepada setiap warga sebesar 2 juta / KK (tanpa adm dan bunga, red) yang digunakan untuk membangun septictank. Bahkan tidak kembalipun Siti Nasronah iklas demi warga sehat.

"Dari tahun 2019 hingga saat ini sudah terbangun 175 septictank untuk warga/KK, dengan total bantuan dana bergulir sebesar Rp323 juta dari dana pribadi," ungkap Siti saat wawancara bersama tim survey FK KIM Kota Bandung.

(Yanis)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Inilah Harga Terbaru Minyak Goreng Berlaku Mulai 1 Februari 2022

Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron dari Kemenkes

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Internasional Standar WHO, Begini Caranya!

Untuk Pemula, Inilah Tips dan Cara Jual NFT di NFT atau Market Lain

Kenali Ciri dan Cara Pencegahan Penularan Omicron

Berita Terkait