Plt Wali Kota Resmikan Kelurahan Peduli Pemilu di Antapani Kota Bandung

Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai meresmikan Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) serta sudut literasi demokrasi “Mang Oded” di Kantor Kelurahan Antapani Tengah Jalan Jatiwangi Raya Bandung, Kamis (30/12/2021) / Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - PELAKSANA Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) serta sudut literasi demokrasi “Mang Oded” di Kantor Kelurahan Antapani Tengah Jalan Jatiwangi Raya Bandung, Kamis (30 Desember 2021).

KP3 merupakan program nasional yang digagas oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam rangka pendidikan berkelanjutan bagi pemilih sebagai kader-kader yang berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat luas.

Plt. Wali Kota pun mengapresiasi langkah KPU Kota Bandung khususnya dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali dengan membentuk kelurahan peduli pemilu dan pemilihan.

Baca Juga: Kapolri Sematkan Bintang Bhayangkara Pratama Kepada Pati dan ASN

Sebab menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan KPU Kota Bandung memiliki kewajiban yang sama untuk menyelenggarakan pemilu yang berkualitas dan berintegritas. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh aparat kewilayahan baik camat maupun lurah di Kota Bandung untuk membantu KPU Kota Bandung dalam proses sosialisasi kepemiluan termasuk kegiatan KP3.

“Tentunya sosialisasi ini harus semakin mendekatkan kepada para pemilih karena tentunya sosialisasi pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak ini membutuhkan partisipasi dari warga masyarakat yang sebaik mungkin dan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Plt. Wali Kota memastikan, Pemkot Bandung akan membantu dan mendukung penuh segala bentuk proses dan tahapan dalam rangka penyelenggaraan pemilu dan pemilihan di tahun 2024 mendatang.

“Sekali lagi, Pemkot Bandung Insyaallah akan membantu sepenuhnya. Sehingga mudah-mudahan di pemilu serentak tahun 2024 berkualitas dan berintegritas,” katanya.

Baca Juga: Diskar PB Kota Bandung Luncurkan Sprinkler Warga dan Kojing di Kel. Karang Anyar

Di tempat sama, Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, pemilu atau pemilihan sejatinya adalah hajat seluruh warga negara khususnya warga Kota Bandung. Sehingga partisipasi dan peran aktif dari semua elemen masyarakat kota bandung sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pemilu dan pemilihan.

“Untuk mendorong peran aktif ini maka diperlukan proses keterbukaan informasi dan pendidikan pemilih. Karena pendidikan pemilih merupakan salah satu elemen penting dalam demokrasi yang akan melahirkan pemilih yang mandiri,” katanya.

“Dan lokusnya untuk di kota bandung adalah kelurahan antapani tengah. Bagaimana masyarakat di kelurahan khususnya di Antapani Tengah lebih melek terkait demokrasi dan lebih kuat terhadap demkorasi. Sehingga mereka siap berperan aktif disemua lini tidak hanya sebagai pemilih yang cerdas tapi juga menjadi bagian dari penyelenggara pemilu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suharti menjelaskan, untuk menanamkan kematangan dan kesadaran masyarakat tentang konsep dasar demokrasi dan hak-hak dasar masyarakat sebagai warga negara di samping pengetahuan lain terkait tahapan pemilu dan pemilihan, KPU Kota Bandung juga menyediakan sudut literasi demokrasi.

“Menyediakan buku-buku terkait informasi kepemiluan untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di Antapani Tengah dan sekitarnya,” jelasnya.

Suharti berharap, seluruh masyarakat bisa mengadopsi dan bisa menginisiasi program KP3 demi terwujudnya masyarakat Kota Bandung yang paham demokrasi.

Sementara itu Camat Antapani, Rahmawati Mulia menuturkan, adanya sudut literasi demokrasi di kelurahan Antapani Tengah merupakan bentuk perwujudan visi misi Kota Bandung yaitu Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

“Alhamdulillah bekerja sama dengan KPU Kota Bandung, mungkin antapani ini sebagai salah satu yang baru dimulainya untuk adanya sudut literasi. Ini akan dijadikan tempat bertukar informasi bagi tokoh masyarakat terutama para pemuda sebagai pemilih pemula untuk meningkatkan kualitas pemilih dan pemilihan,” tuturnya.

(RV)

Baca Juga:

Mobil atau Motor Terparkir Liar di Kota Bandung, Akan Kena Derek

Bus Trans Metro Pasundan Beroperasi di Bandung Raya, Ini 5 Koridor yang Dilayani

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Wacanakan Gunakan Insenerator di TPS

Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

Berita Terkait