Kota Bandung Raih Penghargaan IGA Kategori Sangat Inovatif



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 dengan kategori sangat inovatif tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri RI. Selama 4 tahun berturut-turut Kota Bandung berhasil meraih penghargaan Kota Sangat Inovatif.

Tahun ini, hanya ada 14 pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan kategori sangat inovatif dan 31 pemerintah daerah yang meraih penghargaan kategori inovatif. Di Jawa Barat hanya ada dua kota yang meraih penghargaan tersebut, satu di antaranya Kota Bandung dengan skor 60,29.

Baca Juga: Jabar Raih Kategori Tinggi Pilot Project Pengukuran IM-NKK

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengucap syukur atas diraihnya penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan perbaikan demi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Penghargaan bukanlah tujuan utama, karena fokus yang dikedepankan adalah perbaikan layanan publik secara terus menerus dan mengembangkan inovasi secara berkelanjutan," ungkapnya.

Baca Juga: Jabar Provinsi Terinovatif 2021

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbang) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengungkapkan, penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, pengukuran, penilaian, validasi, hingga penetapan dan pemberian penghargaan.

Pemkot Bandung melalui Bappelitbang sebagai leading sector telah melakukan pelaporan atas inovasi yang dilakukan selama 2 tahun terakhir secara online, realtime dan transparan. "Sebanyak 76 inovasi yang diikutsertakan, terdiri dari Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Tata Kelola dan Inovasi lainnya," ungkapnya.

Ia pun berharap, inovasi uggulan yang diikutsertakan dalam kontestasi IGA ini dapat memotivasi seluruh lapisan pemerintahan di Kota Bandung agar secara terus menerus mengembangkan diri.

"Dan juga menjaga keberlangsungan inovasi guna memberikan layanan publik yang semakin mudah, semakin murah dan semakin cepat," tuturnya.

(RV)

Baca Juga:

Kemenkes Temukan Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi di Jakarta

Bus Trans Metro Pasundan Beroperasi di Bandung Raya, Ini 5 Koridor yang Dilayani

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Wacanakan Gunakan Insenerator di TPS

Inspiratif, Prasmanan Gratis di Antapani Kota Bandung #SemuaBolehMakan

Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

 

Berita Terkait