Kota Bandung Raih Predikat Kota Metropolitan Ramah Sepeda Terbaik

Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat acara B2W Indonesia Award Kota Ramah Sepeda Tahun 2021 di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/12/2021) / Foto: Prokopim Kota bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Komunitas sepeda Bike to Work (B2W) Indonesia memberikan penghargaan kepada Kota Bandung sebagai kota metropolitan ramah sepeda terbaik II.

Penghargaan ini diserahkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalan Negeri, Akmal Malik kepada Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara B2W Indonesia Award Kota Ramah Sepeda Tahun 2021 di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/12/2021).

Selain Kota Bandung, DKI Jakarta dan Kota Surabaya juga memperoleh penghargaan serupa.

Yana mengatakan, animo bersepeda masyarakat Kota Bandung cukup tinggi, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berusaha untuk memfasilitasi sarana dan prasarana para penggiat sepeda.

"Di Kota Bandung terjadi euforia bersepeda. Animo tersebut kami (Pemkot Bandung) fasilitasi dengan membuat berbagai infrastruktur khususnya jalur-jalur sepeda. Sehingga harapannya penggiat sepeda di Kota Bandung bisa bersepeda dengan aman dan nyaman," ungkap Yana.

Baca Juga: 6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

Yana pun mengucapkan syukur atas apresiasi yang diberikan oleh komunitas Bike To Work Indonesia kepada Pemkot Bandung. Atas capaian tersebut, Yana berharap semakin banyak masyarakat Kota Bandung yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi publik.

"Sehingga dapat mengurai kemacetan, mengurangi polusi. Insyaallah warga KotaBandung semakin sehat," tuturnya.

Pada kesempatan itu Yana mengimbau kepada pesepeda semakin tertib dalam berlalu lintas dan tak lupa untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Plt Wali Kota Lepas 100 Ibu-Ibu Bersepeda Keliling Kota Bandung

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menerangkan, usulan penambahan jalur sepeda sudah berjalan dan setiap tahunnya akan ada penambahan jalur. Hal ini sebagai salah satu strategi pendekatan dan memancing masyarakat untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan keseharian masyarakat.

"Melalui usulan yang disampaikan, program dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung itu sudah berjalan terus dan setiap tahun menambah panjang dari jalur sepeda," katanya.

"Komunitas juga sudah bergerak. Terlebih secara khusus DPU sudah mempunyai agenda untuk satu hari bersepeda di hari selasa," imbuh Didi yang juga menjabat sebagai salah satu Dewan Penasehat Bike To Work Indonesia.

Selanjutnya, untuk menunjang fasilitas bersepeda khususnya bagi anak-anak, atas arahan Plt. Wali Kota Bandung, DPU berencana membuat ruang bermain sepeda anak di Kota Bandung.*

(RV)

Baca Juga:

Plt Wali Kota Bandung Raih Penghargaan Kementerian PANRB Sebagai Pemimpin Perubahan

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

Pertama di Arcamanik, Sukamiskin Launching Posyandu Remaja RW 17 Sarimas

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Berita Terkait