Plt Wali Kota Bandung Raih Penghargaan Kementerian PANRB Sebagai Pemimpin Perubahan

Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menerima penghargaan dari Kementerian PAN RB di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Senin (20/12/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung.


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai Pemimpin Perubahan.

Yana merupakan salah datu dari 10 orang penerima penghargaan serupa. Mereka yaitu Yosonna H. Laoly (Menteri Hukum dan HAM), M. Syarufuddin (Ketua Mahkamah Agung), Listyo Sigit Prabowo (Kapolri), Burhanuddin (Jaksa Agung), Sri Mulyani Indrawati (Menkeu), Margo Yuwono (Kepala BPS), Budi Karya Sumadi (Menhub), Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY), dan Ahmad Mudlor Ali (Bupati Sidoarjo).

Yana dianggap telah berhasil mendorong dan memantik semangat pembangunan Zona Integritas di lingkungan instansinya. Penghargaan tersebut diberikan di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Kawasan Alun-alun Kota Bandung Dipercantik, JPO Depan Kantor Pos Dibongkar

Selain Yana, Kementerian PANRB juga memberikan penghargaan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) dan RSKIA Kota Bandung.

Dispursip dan RSKIA Kota Bandung menerima penghargaan sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Sedangkan DPMPTSP Kota Bandung menerima penghargaan sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam situs resmi Kementerian PANRB disebutkan, WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca Juga: Raih Predikat WBBM, DPMPTSP Kota Bandung Persembahkan untuk Mang Oded

Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.

Tidak berhenti sampai di situ, pimpinan unit kerja pelayanan serta jajarannya dipastikan harus sudah melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis, dan berkelanjutan.

Menanggapi penghargaan tersebut, Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, hal yang diraih Kota Bandung saat ini ada peran almarhum Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Hal ini menunjukan, sejumlah langkah perbaikan yang dilakukan selama ini telah berjalan di jalur yang benar. "Ini merupakan legacy (warisan) dari Mang Oded kepada kita semua," katanya.

Menurut Yana, penghargaan bukanlah tujuan utama. Perubahan dan perbaikan yang dilaksanakan Pemkot Bandung selama ini semata-mata untuk melayani warga.

Tanpa penghargaan sekalipun, Pemkot Bandung akan terus melakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan tuntutan layanan publik.

"Tetapi alhamdulillah jika ada yang pengapresiasi upaya kita. Pastinya kita harus terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," tuturnya.

(RV)

Baca Juga:

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

Pertama di Arcamanik, Sukamiskin Launching Posyandu Remaja RW 17 Sarimas

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

 

Berita Terkait