Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Rumah Pak Roh yang selamat diterjang erupsi Gunung Semeru. (Foto ANTARA/M. Rofiq)


BERITAINSPIRATIF.COM - Sebuah rumah tetap berdiri kokoh di tengah bangunan lainnya yang runtuh akibat erupsi Gunung Semeru. Rumah ajaib ini merupakan milik warga Dusun Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Hingga kini, rumah yang berada ditengah tengah warga tersebut utuh meskipun Awan Panas Guguran atau APG menerjang dusunnya yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Kejadian tersebut menarik banyak perhatian warga dan netizen, mengingat rumah tersebut selamat di tengah terjadinya bencana. Penampakan rumah tersebut sempat direkam oleh akun TikTok @Rendra_Tegar.

"Satu-satunya rumah yg selamat di Kampung Renteng. Rumah Pak Roh," tulis keterangan akun tersebut.

Baca Juga: Striker Anyar Persib David da Silva Gantikan Posisi Geoffrey Castillion

Dilansir JTV Jatim dalam tayangan Pojok Pitu yang dilihat Beritainspiratif.com Minggu (12/12/2021), menyebutkan Rumah milik Wagiman atau Pak Roh (55 tahun) warga asal Madura ini tetap utuh meski dihajar awan panas guguran Gunung Semeru. Terlihat juga perabotan rumah juga masih utuh dan ada sejumlah foto di dinding rumah.

Lalu, ada sebuah kolam ikan yang berada di sebelah kanan rumah juga tidak rusak. Bahkan, tidak terlihat ada abu vulkanik yang masuk ke kolam tersebut.

Baca Juga: Terinspirasi Mandalika, Ridwan Kamil: Sirkuit Sentul Akan Didesain Ulang

Keajaiban rumah ini masih menjadi teka-teki di masyarakat. Apa lagi, rumah itu berada di tengah pemukiman warga di Dusun Renteng, di mana semuanya hancur dan menewaskan sebagian penghuninya.

Rumah itu sama sekali tidak tersentuh terjangan erupsi material gunung semeru, bahkan halaman dan tanaman di rumahnya nyaris bersih dari lumpur.

Semua cat rumah tidak tergores, kursi yang berada di teras bersih dari abu vulkanik. hingga kondisi didalam rumahpun jauh dari yang diperkirakan yakni kondisinya sangat bersih, semua perabot masih tertata rapih serta lantai rumahnya juga bersih.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Anak Usia 6-11 Tahun dimulai Besok 14 Desember

Rumah ajaib yang tidak tersentuh lahar ini pun sempat viral.

Di mata warga Pak Roh, dikenal warga sebagai sosok yang sederhana dan ahli ibadah yang hidup bersama istri, anak, menantu dan dua cucu.

Subri, tetangga Pak Roh mengatakan ini mukjizat.

"Kondisi di dalam rumah masih bersih gitu," ungkapnya.

Sementara itu Pak Roh menyebutkan tidak ada yang istimewa dari dirinya. Ia setiap hari biasa bekerja sebagai pemanjat kelapa dan menjalankan rutinitas ibadah salat lima waktu.

"Istighfarlah yang banyak sehabis salat, surah yasin tiga kali," ungkapnya kepada JTV.

Kuasa tuhan tidak ada yang tahu, hal ini memberi pelajaran, bahwa dengan hidup sederhana, tekun ibadah maka tuhan akan berkehendak lain dengan menyelamatkan rumah dan keluarganya.

(Yanis)

Baca Juga:

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Ratusan Karangan Bunga Berjajar di Pendopo dan Balai Kota Bandung

Wali Kota Bandung Dimakamkan di Kota Kelahirannya Tasikmalaya

Wali Kota Bandung Meninggal Dunia Saat Akan Jadi Khotib Salat Jum'at

Penataan Ulang Kawasan Alun-alun Kota Bandung, Diresmikan Wali Kota

Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait