Unik dan Meriah, Pelantikan RW 06 Sukamiskin Diarak dengan Musik Angklung Jalanan

Ketua RW 06 H. Mudji (Blangkon hijau) beserta Ketua RT 01 Dudi Rahman, Ketua RT 02 Setia Mulyana dan Ketua RT 03 Rubiana, usai pengalungan bunga oleh Lurah Sukamiskin dan berjalan menuju Balai RW 06 untuk dilantik, berlangsung di Sukamiskin Kota Bandung, Sabtu (18/12/2021) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Lurah Sukamiskin Farida Agustini secara resmi melantik Ketua RW 06 H. Mudji beserta Ketua RT 01 Dudi Rahman, Ketua RT 02 Setia Mulyana dan Ketua RT 03 Rubiana yang terpilih kembali untuk periode kedua kalinya masa bakti 2021 - 2024, pada acara yang berlangsung di Balai RW 06 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, Sabtu (18/12/2021).

Dalam sambutan pelantikan, Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan selamat kepada pengurus RW dan RT yang terpilih, semoga senantiasa menjaga kekompakan dalam upaya memajukan wilayahnya.

Dikatakan lebih lanjut, rasa bangganya pada acara pelantikan di RW 06 ini. Ini adalah acara pelantikan paling meriah yang pernah saya lakukan.

“Terkadang saya prihatin pelantikan yang dilakukan di beberapa RW yang hanya dihadiri oleh panitia dan pengurus RW/RT yang akan dilantik. Akan tetapi di RW 06 ini begitu meriahnya dan mendapat dukungan dari berbagai warga dan tokoh masyarakat banyak yang hadir, bahkan saya disambut dengan lengser,” ujar Lurah Sukamiskin.

Lurah Sukamiskin melanjutkan bahwa RW 06 H. Mudji ini adalah sosok yang diam-diam 'menghanyutkan'.

“RW 06 ini tidak banyak bicara, tapi kerjanya pak Kereen,” ungkapnya

Dipesankan lebih lanjut, bahwa sesuai program Wali Kota Bandung, Sukamiskin merupakan kelurahan percontohan untuk program Kang Pisman, sehingga begitu melekatnya nama Almarhum Mang Oded di Sukamiskin melalui beberapa kali kunjungan ke RW RW Sukamiskin.

“Sukamiskin sering kali menjadi objek kunjungan beberapa organisasi/lembaga hingga perguruan tinggi untuk studi banding, sehingga Kang Pisman di Kelurahan Sukamiskin menjadi tempat edukasi termasuk Kang Pisman RW 06,” jelasnya.

Baca Juga: Pertama di Arcamanik, Sukamiskin Launching Posyandu Remaja RW 17 Sarimas

Menutup sambutan Lurah Sukamiskin sekaligus secara resmi membubarkan panitia pemilihan pengurus RT/RW 06 Sukamiskin dan dilanjutkan dengan penyerahan satu unit Ambulance dari Sdr. Arif salah satu warga RW 06 yang dihibahkan untuk kepentingan warga dan dikelola oleh Pengurus RW 06 Sukamiskin.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh panitia pemilihan yang terus berkoordinasi, baik jelang pemilihan maupun setelah pemilihan dan berterima kasih pula kepada Pak Arif yang telah berpartisipasi terhadap pembangunan kesehatan di Sukamiskin khususnya RW 06,” ungkap Farida.

Dikesempatan yang sama Ketua RW 06 terpilih H. Mudji dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kasih kepada seluruh warga yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada dirinya dan Ketua RT yang merupakan tantangan untuk dapat melaksanakan dengan baik.

“Kami mohon doa restu dan dorongan kepada semua yang hadir disini, mudah-mudahan untuk periode yang akan datang kita dapat melaksanakan tugas dengan baik, mengingat kedepan kita dihadapkan kepada tahun politik,” ucapnya.

“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang tidak masuk struktur, atas pengabdian dan darma baktinya, semoga amal baiknya diberkahi oleh Allah SWT,” harapnya.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT/RW 06 Suparma melaporkan bahwa panitia melakukan penjaringan selama dua hari, sehingga pada tanggal 6 Desember ternyata tidak ada yang mencalonkan Ketua RW 06.

"Mengingat H. Mudji baru satu periode, dan kinerjanya baik serta program kerjanya belum selesai, warga sepakat untuk memilih kembali,"ujarnya.

“Untuk calon RT 03 terpilih kembali Bapak Rubiana (dari dua calon yang ada), setelah melakukan sosialisasi selama tiga hari,” ungkapnya.

“Sehingga Ketua RT 01, RT 02 dan RT 03 terpilih kembali, karena memang masih satu periode dan program kerjanya belum selesai,” ujarnya setelah digelarnya rapat pleno tanggal 11 Desember 2021.

ACARA PENYAMBUTAN

Pada acara pelantikan Ketua RT/RW 06 di Kelurahan ini yang dipantau Beritainspiratif.com di lapangan, berbeda sebagaimana lazimnya pelantikan Ketua RT RW lainnya di Sukamiskin, yang biasanya sudah hadir di lokasi dan siap untuk dilantik.

Di RW 06 ini, sebelum para Ketua RT/ RW dilantik, mereka terlebih dahulu di arak dari rumah menuju balai RW dengan menggunakan pakaian adat resmi dan topi blangkon.

Arak-arakan ini diiringi/dihantarkan oleh musik angklung yang dibalut musik modern serta diikuti oleh iring iringan warga dibelakangnya.

Baca Juga: Ekonom Unpad, Ungkap Keberhasilan Kinerja Legacy Almarhum Mang Oded

Sebelum memasuki Balai RW,  mereka terlebih dahulu disambut oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini di satu titik yang ditentukan, untuk kemudian dilakukan pengalungan bunga kepada Ketua RW dan para Ketua RT.

Pada barisan depan Ketua RT/RW tersebut terdapat dua orang seniman yang bertindak sebagai lengser yang menghantarkan hingga ke Balai RW.

Pelantikan di RW 06 dengan Iringan musik angklung jalanan ini layaknya acara pelantikan Kades di desa, hingga menjadikan suasana semakin meriah, dan memancing warga turun berjoget, bernyanyi serta tertawa gembira, membuat Lurah Sukamiskin pun turut turun bernyanyi.

Usai pelantikan yang juga dihadiri pula oleh para Ketua RW di Sukamiskin, LPM, PKK, KIM, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa, serta seluruh warga yang hadir mengikuti acara makan siang di salah satu rumah warga yang berlokasi disebelah balai RW 06.

Dalam upaya melestarikan musik tradisional dan mendorong usaha kecil di bidang seni, angklung modern ini didatangkan dan berasal dari musik jalanan yang biasa beroperasi di fly over Antapani dan tinggal di Kiara Condong. Personil yang sebagian besar dari Banyumas ini terkadang mereka ngamen dengan cara berkeliling kota Bandung, dengan penghasilan hingga Rp500 ribu per hari (jika tidak hujan), ujar salah satu personil angklung di temui di lokasi Balai RW 06.

(Yanis)

Baca Juga:

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Kemenkes Umumkan, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Hari Pertama Plt Wali Kota Bandung, Yana Ajak OPD Wujudkan Mimpi Almarhum

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Berita Terkait