Pertama di Arcamanik, Sukamiskin Launching Posyandu Remaja RW 17 Sarimas

Sekcam Arcamanik M. Arief Budiman saat melaunching Posyandu Remaja Dan De Lions di Komplek Sarumas RW 17 Kelurahan Sukamiskin, Sabtu (18/12/2021) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung melaunching Posyandu Remaja “Dan De Lions” yang berlokasi di RW 17 Komplek Sarimas Kelurahan Sukamiskin, yang juga sebagai  lokasi Posyandu Manggis RW 17.

Launching Posyandu Remaja “Dan De Lions “ yang namanya diinisiasi oleh remaja sendiri, bermakna adalah jenis  Bunga Dandelion yang bisa tumbuh tumbuh dimana saja dan bisa terbang ini adalah Posyandu  pertama di Sukamiskin dan Kecamatan Arcamanik, diresmikan oleh Sekcam M. Arief Budiman Kecamatan Arcamanik mewakili Camat Arcamanik Firman Nugraha, pada Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga: Kota Bandung Integrasikan Semua Layanan Online Jadi Satu Pintu Via Aplikasi 'Sadayana'

Sekcam Arcamanik M. Arief Budiman dalam launching tersebut menyampaikan sangat mengapresiasi inisiatif dari warga RW 17 Sarimas.

“Banyak sekali kegiatan remaja yang dapat digali, salah satunya adalah PIR (Pusat Informasi Remaja), disitu adalah menyampaikan edukasi-edukasi yang lebih fokus kepada pusat informasi dan konseling remaja. Bagaimana tentang remaja yang sehat lahir dan bathin,” ungkapnya.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Arcamanik dan Pemkot Bandung kami resmikan Posyandu ini dan kami sangat mengapresiasi, bahwa ini menjadi langkah awal dari sebuah langkah besar, sesuai filosofi “Dan De Lions” yang bermanfaat dan selalu berkembang,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan rasa bangganya terhadap hadirnya Posyandu remaja di RW 17 Sarimas.

“Saat ini telah ditetapkan bahwa minimal di tiap Kelurahan harus ada satu Posyandu Remaja,” ungkapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan semua pihak, mulai dari Ketua RW, PKK, Kader hingga UPT Puskesmas Arcamanik, sehingga  Posyandu Remaja di RW 17 Sarimas dapat terwujud,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Arcamanik dokter Risca menegaskan berdirinya Posyandu Remaja ini merupakan suatu hal yang luar biasa dan di Arcamanik ini baru ada disini.

“Tenaga remaja di RW 17 mau dan mampu mengadakan Posyandu Remaja yang memang tidak mudah, karena diusia remaja ini mereka banyak sekali aktifitas diusianya. Namun untuk wadah ini Posyandu ini merupakan hal yang penting sekali, khususnya remaja,” ujar dokter Risca.

“Silahkan para remaja untuk berkreatifitas di Posyandu ini, misalnya pemutaran film edukasi di bidang kesehatan, juga penyuluhan,” jelasnya

Kader Posyandu Remaja yang berjumlah 22 orang ini akan disiapkan melalui pelatihan dan berkonsultasi.

“Nanti dimeja Posyandu Remaja akan ada meja konsultasi, konseling, semua disitu dibahas, dari fisik anatomi manusia dipelajari, gizi, kesehatan. Jadi kader-kader remaja ini harus lebih pintar dari remaja lainnya, karena sudah dibina dan diberikan ilmu dan itu harus dimanfaatkan, Puskesmas akan memfasilitasinya,” tutupnya.     

Baca Juga: Unik dan Meriah, Pelantikan RW 06 Sukamiskin Diarak dengan Musik Angklung Jalanan 

Dalam kesempatan tersebut Ketua RW 17 Muhammad Muaf menyampaikan bahwa untuk melakukan pendirian posyandu remaja tidak mudah, mengingat usia remajanya.

“Untuk itu kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi remaja di RW 17 Sarimas ini,” ungkapnya.

Usai launching Posyandu Remaja Dan De Lions, acara dilanjutkan dengan pelatihan kepada anggota posyandu remaja dengan pemateri diberikan oleh UPT Puskesmas Arcamanik dibantu PKK Sukamiskin dan Posyandu Manggis PKK RW 17.

Pada pelatihan kepada Posyandu Remaja tersebut, di sesi siang hari Camat Arcamanik Firman Nugraha berkenan hadir dan memberikan pembinaan dan bimbingan terhadap remaja RW 17 Sarimas yang berpartisipasi di Posyandu Remaja.

Hadir dalam acara tersebut, Sekcam Arcamanik, Lurah Sukamiskin, Kepala UPT Puskesmas Arcamanik dr Risca, Ketua RW 17, Ketua PKK Sukamiskin, Ketua PKK / Posyandu Manggis RW 17 beserta jajaran pengurus lainnya serta seluruh anggota Posyandu Remaja Dan De Lions.

(Yanis)

Baca Juga:

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Kemenkes Umumkan, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Hari Pertama Plt Wali Kota Bandung, Yana Ajak OPD Wujudkan Mimpi Almarhum

Kuasa Ilahi, Satu-Satunya Rumah yang Tak Tersentuh Erupsi Gunung Semeru

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

 

Berita Terkait