Menteri Kesehatan: 'Masyarakat Disiplin, Kehidupan Bisa Kembali Normal'

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat webinar Leadership Night yang digelar SBM ITB, Kamis (11/11/2021) malam. / Foto: dok.SBM ITB


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Kampus Jakarta kembali menyelenggarakan acara Leadership Night yang kali ini menghadirkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, sebagai pembicara utama pada Kamis malam (11/11/2021).

Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual ini, Budi menyampaikan keyakinannya bahwa kehidupan yang normal setelah pandemi dapat tercapai jika masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi masif terus digalakkan.

Budi menceritakan bahwa ketika dia menerima penunjukan Presiden sebagai Menteri Kesehatan, maka inilah saat baginya untuk berkontribusi kepada masyarakat setelah menjalani karier yang sukses sebagai CEO Bank Mandiri, Inalum, dan Wakil Menteri BUMN.

“Menjadi Menteri Kesehatan ini seperti investasi akhirat saya nanti, ini waktunya bagi saya membantu masyarakat banyak dengan terjun langsung menangani pandemi, “ ungkapnya.

Budi juga memberikan pesan kepada para mahasiswa bahwa untuk menjadi sukses, maka memiliki ilmu saja tidak akan cukup. Diperlukan juga kebijaksanaan yang timbul dari pengalaman dan berinteraksi dengan orang banyak.

Budi juga mengusulkan adanya transformasi sistem kesehatan global agar masyarakat dunia dapat menanggulangi bencana pandemi yang dapat sewaktu-waktu muncul di masa depan.

“Kita memerlukan sistem kesehatan global, seperti IMF di ekonomi global, dengan mekanisme, tata kelola, dan partisipasi negara-negara di dunia. Dengan demikian, manakala ada pandemi lain muncul di masa depan, maka ada sistem funding yang selalu bisa diandalkan,” usul Budi.

Terakhir, lanjut Budi, perlu dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk juga dengan sektor swasta, startup, sekaligus membangun modal sosial di Indonesia. “Do not underestimate the social capital in Indonesia. Masyarakat kita kalau berkolaborasi maka hasil akhirnya akan luar biasa,” pungkas Budi.

Pada acara itu, Direktur SBM ITB Kampus Jakarta, Dr. Yudo Anggoro menjelaskan perkembangan kampus Jakarta sekaligus juga situasi kampus SBM ITB Jakarta yang mulai menerapkan perkuliahan hybrid sehingga mahasiswa mulai dapat belajar di kampus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dekan SBM ITB, Prof. Utomo Sarjono Putro, juga kemudian memberikan sambutan dan menjelaskan beberapa inisiatif riset SBM ITB yang berhubungan dengan mitigasi dan penanganan pandemi Covid-19 yang bekerjasama dengan MRT Jakarta, Trans Jakarta, Gojek, Grab dan Kementerian Perhubungan. Kolaborasi dengan berbagai institusi ini sejalan dengan keinginan ITB untuk ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dalam semangat "globally respected and locally relevant".

Sementara itu, Sekretaris Institut ITB, Prof. Widjaja Martokusuma, mewakili Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, menyampaikan apresiasi penanganan pandemi di Indonesia yang dipimpin oleh Menkes yang menunjukkan penurunan kasus secara signifikan dan karena itu juga mendapatkan pujian di forum G-20. Berkat penurunan kasus tersebut, maka sejak Oktober 2021 ITB telah melaksanakan Perkuliahan Tatap Muka (PTM).

Acara Leadership Night merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh SBM ITB Kampus Jakarta sebagai sarana untuk mendengarkan pandangan dari figur pemimpin dan pengambil kebijakan level nasional atas isu-isu yang tengah terjadi.

Acara Leadership Night di tahun-tahun sebelumnya menghadirkan figur terkemuka seperti Kuntoro Mangkusubroto, Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, Gita Wirjawan, Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, Sri Mulyani, Boediono, Ignasius Jonan, Susi Pudjiastuti, dan Nadiem Makarim.

(IST)

Baca Juga:

Dosen SBM ITB Luncurkan Buku Manajemen Risiko untuk Startup

Inilah Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2021

Presiden Anugerahi Bintang Jasa 300 Nakes yang Meninggal Tangani Covid-19

Pemkot Bandung Sebar 500 Wifi Gratis untuk Balai RW, Masjid dan Taman

Penjelasan DLH Jabar Terkait Operasional TPK Sarimukti

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT

Berita Terkait