Pemkot Bandung Sebar 500 Wifi Gratis untuk Balai RW, Masjid dan Taman

Ilustrasi / Foto: Istimewa


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menambah internet gratis bagi masyarakat di 500 titik. Serah terima hibah Wifi gratis berlangsung di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, Rabu (10/11/2021).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada kesempatan tersebut menuturkan, bahwa tambahan Wifi gratis akan disebar di balai RW, masjid, dan sejumlah taman.

"Kita bekerja sama dengan PT Linknet. Mereka bantu kita memberikan bantuan wifi 500 titik. Mudah-mudahan kerja sama ini memberikan manfaat bagi Kota Bandung," kata wali kota.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Wali Kota Bandung Resmikan Tugu Perjuangan Bandung Timur

Wali kota berharap, masyarakat bisa memanfaatkan perluasan titik Wifi gratis ini untuk pengembangan sektor ekonomi ataupun sosial. Sehingga bisa ikut berkontribusi dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah mereka juga memberikan bantuan vaksinasi kedua. Jumlah yang sudah terdaftar ada 1.169 orang," ujarnya.

Baca Juga: Inilah Profil 4 Penerima Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2021

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, dalam beberapa tahun ini penambahan internet gratis totalnya mencapai 1.000 titik. Pembiayaannya bersumber dari APBD dan CSR.

"Kalau titik Wifi masyarakat umum di tahun kemarin dengan APBD itu di 500 titik yang aktif. Sebagian CSR, karena APBD hanya menjangkau 300 titik. Sekarang ini ditambah 500 titik baru," katanya.

Di tengah keterbatasan anggaran tersebut, Yayan memastikan Pemkot Bandung terus berkoordinasi dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet untuk bisa memberikan CSR wifi gratis bagi warga Kota Bandung.

"Saya berharap semua pengusaha internet di Kota Bandung. Tolong bantu karena dari 2,5 juta penduduk KOta Bandung itu 2,1 jutanya pengguna internet. Semua sektor baik pendidikan, ekonomi, sosial, budaya dan lainnya," ujarnya.

Sedangkan Business Unit Head 3 Regional Jabar PT Linknet, Doni Armando Razali memastikan, akan menjaga kerja sama dengan Pemkot Bandung agar bisa menambah lokasi wifi gratis.

"Kita kasih gratis ini up to 10 mbps broadband. Bandwith ini tidak ada biaya, bener-bener gratis. Kerja sama selama tiga tahun dan bisa diperpanjang," kata Doni.

Doni mengungkapkan, apabila ada RW, masjid ataupun fasilitas publik lainnya yang belum terjangkau program ini bisa mengajukan. Yakni berkoordinasi dengan Firstmedia di Kota Bandung ataupun datang langsung ke kantornya.

Dony berharap, kerja sama ini tidak hanya pengadaan infrastruktur wifi gratis, tetapi juga pendampingan konten dan konteks penggunaan internet.

"Silahkan panggil kita, nanti kita survei. Karena kendalanya itu teknis. Karena jaringan kita menggunakan kabel. Selama ada tempat dan lahannya, kita pasangkan. Dan selama kita mendapatkan izin," ungkapnya.

(RV)

Baca Juga:

Tim Bappenas RI Kunjungi Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung

Penjelasan DLH Jabar Terkait Operasional TPK Sarimukti

Daftar PPKM LEVEL 1 di LUAR JAWA BALI Hingga 22 November

19 Pimpinan Badan Publik Jabar Presentasikan Keterbukaan Informasi

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT

Satgas COVID-19 Terbitkan Ketentuan Baru Perjalanan Dalam Negeri, Begini Aturannya

 

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024