Pohon Tumbang di Musim Hujan, DPKP3 Kota Bandung Pangkas 2.173 Pohon

KEPALA Sub Bagian Tata Usaha UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustofa saat acara Bandung Menjawab di Auditorium Balai Kota Bandung, Kamis (28/10/2021) / Foto: Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Mengindari terjadinya pohon tumbang ataupun patah dahan, pada musim hujan yang disertai angin kencang di Kota Bandung, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung masif melakukan perampingkan pohon.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustofa mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 30 orang anggota untuk memangkas pohon-pohon yang dinilai sudah rusak. Pemangkasan pohon bertujuan untuk mengurangi beban pohon agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita selalu memangkas pohon di titik-titik yang rawan tumbang," tuturnya dalam acara Bandung Menjawab di Auditorium Balai Kota Bandung, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Sespimti Dikreg 30 Ditutup, Kapolri: Jadilah Pemimpin yang Mengayomi

Mustofa mengatakan, perampingan pohon sudah dilakukan sejak awal tahun. Hingga September 2021 lalu, pihaknya telah memangkas 2.173 pohon yang tersebar di 30 kecamatan.

"Kami juga melayani permohonan masyarakat. Jika melihat pohon yang berpotensi tumbang, segera hubungi kami. Bisa melalui media sosial DPKP3 atau bersurat," bebernya.

Ia mengungkapkan, sejak awal Januari hingga September ini, sebanyak 181 pohon telah tumbang dan patah dahan.

"Ada dua faktor, yaitu alam dan manusia. Alam seperti hujan deras disertai angin kencang. Sedangkan faktor manusia, salah satunya adanya pemotongan akar pohon. Padahal akar berfungsi untuk menopang pohon," tuturnya.

Baca Juga: UNIK, Pemkab Kendal Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 93 di Pantai

Mustofa mengimbau masyarakat agar sama-sama ikut memelihara pohon dan segera melaporkan jika menemukan pohon yang dinilai sudah rusak.

Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, Mustofa juga meminta agar masyarakat menghindari berteduh di bawah pohon.

"Hindari tempat-tempat yang banyak pohon, kurangi bepergian di musim penghujan, dan hati-hati saat bepergian," pintanya.

Tetapi jika ada masyarakat yang dirugikan akibat pohon tumbang, DPKP3 telah bekerja sama dengan salah satu pihak asuransi untuk membantu kerugian yang dialami oleh warga.

"Dengan catatan pohon itu milik Pemkot Bandung dan bukan di atas tanah pribadi. Bisa mengajukan permohonan kerugian ke DPKP3, jika ada pohon tumbang yang menimpa mobil, rumah atau kendaraan lain," ungkap Mustofa.* 

(Ist)

Baca Juga:

Kumandangkan Adzan Serentak, Wali Kota Bandung Luncurkan Aplikasi Gemar Kiblat

PERTAMA, UGM Terapkan Tandatangan Elektronik Pada Ijasah Wisudawan

Tips Cegah Pencurian Data Pribadi dari Aplikasi Pinjol

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pakar UGM

Tips Membersihkan Kotoran Telinga yang Tepat

Malas Gerak Selama Pandemi Covid-19 Berisiko Osteoporosis

Wacana Pemindahan Ibukota Negara Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Berita Terkait