Kunjungi Buruan SAE Asshidiq, Menteri BUMN Dukung Program Pemkot Bandung

Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan kunjungan Ke Buruan SAE Asshidiq RW 14 Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung disambut Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, Sabtu (9/10/2021). / Foto: DKPP Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan Ke Buruan SAE Asshidiq RW 14 Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung pukul jam 08.30 pagi, Sabtu (9/10/2021) dengan didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar.

Menteri BUMN sangat mendukung Program Buruan SAE.Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang dapat terlaksana hingga tingkat rukun warga (RW) di Kota Bandung.

Satu diantaranya Adalah Buruan SAE Asshidiq RW 14 Kel. Pasir Jati Kecamatan Ujungberung.Buruan SAE Adalah urban farming terintegrasi, untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan di Kota Bandung. Melalui Buruan SAE, warga bisa menanami pekarangan rumah dengan sayuran atau buah-buahan, termasuk memelihara ternak.

Baca Juga: Dilirik Dunia Internasional, Menteri BUMN Akan Kunjungi Buruan SAE Kota Bandung

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menuturkan bahwa konsep Buruan SAE telah menarik perhatian dunia internasional dan kini telah menjadi salah satu dari 215 anggota Milan Urban Policy Pact (MUPP), ungkap Gin Gin pada acara Bandung Menjawab Taman Dewi Sartka Bandung, Kamis (7/10/2021).

Buruan SAE (Pekarangan Sehat Alami Ekonomis) sebuah program urban farming terintegrasi yang di galakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung kini telah banyak menunjukkan hasil.

Baca Juga: Nama-Nama Pahlawan Covid-19 Mulai Dipahat di Monumen Gasibu

Baca Juga: Wakil Presiden RI Puji Program Buruan SAE Kota Bandung

Program yang digagas Pemkot Bandung untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri bukan saja dilirik oleh Pemerintah Daerah lain, dan diakui Pemerintah Pusat kini telah menjadi perhatian dunia internasional.

Ditulis dilaman medsos @DKPP Kota Bandung diungkapkan bahwa kunjungan Menteri BUMN ini menjadi kesempatan yang baik bagi Kota Bandung untuk memperkenalkan Buruan SAE Kota Bandung beruntung didatangi Menteri BUMN. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk penggiat Buruan SAE untuk semangat berbudaya.

"Ini adalah sebagai salah satu bukti Pemerintah Pusat khususnya Kementerian BUMN menilai Buruan Sae menjadi solusi Pemulihan Ekonomi Nasional Dan juga solusi untuk ketahanan pangan local," tulisnya.

"Program Buruan SAE ini mendapat Support Dari PLN, melalui Dana CSR sejumlah 70 Juta untuk 2 lokasi kegiatan, yang menjadi salah satu program penting dalam transformasi yang diusung oleh perusahaan melalui empat pilar penting, yaitu lean, green, inovatif dan customer focused," sebutnya.

Baca Juga: MANTAP ! Dosen Unpad Kembangkan Tomat Tanpa Biji dan Tahan Simpan

Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat PLN melalui Buruan SAE dimana lokasi yang di support Adalah Kelompok Tani Buruan SAE yg berada di bawah Sutet PLN salah satu nya Adalah Buruan SAE Assidiq di Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujung Berung.

"Kunjungan Menteri BUMN ini menjadi motivasi besar bagi PLN untuk Membangun Ketahanan Pangan.Kunjungan Menteri BUMN kali ini menjadi bukti bahwa kegiatan Pemberdayaan Masyarakat PLN melalui Buruan SAE ini mendapatkan Apresiasi besar Dari Menteri BUMN yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandung, Khususnya dalam membangun Kemandirian Pangan melalui Pemanfaatan Lahan Sempit Pekarangan di Perkotaan," lanjutnya.

Sementara itu Walikota Bandung Oded M. Danial , menulis di akun medsos @Mang Oded mengungkapkan terima kasihnya atas kunjungan Menteri BUMN.

"Hatur nuhun Pak Menteri @erickthohir membahagiakan kami dengan menyempatkan ngalongok BURUAN SAE⠀Yang membuat kami lebih bahagia program ini siap diadopsi di masjid-masjid BUMN, artinya salah satu solusi ketahanan pangan dan solusi lingkungan mulai terurai untuk disebarluaskan," tulis Mang Oded.

"Rooftop Masjid beton nganggur ❌Rooftop Masjid sayuran ✔️⠀Halaman Masjid pekarangan nganggur ❌Halaman Masjid buah-buahan ✔️,"

"Hayu serempak kita mulai konsep membuat pekarangan jadi produktif, sangat berpotensi juga meningkatkan ekonomi masyarakat⠀Waktunya bertani di Kota bersama BURUAN Sehat Alami Ekonomis," ajak Oded.

(Yanis)

Baca Juga:

MANTAP ! Dosen Unpad Kembangkan Tomat Tanpa Biji dan Tahan Simpan

10 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Diterbitkan EUA dari BPOM

Dilirik Dunia Internasional, Menteri BUMN Akan Kunjungi Buruan SAE Kota Bandung

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

NIK di KTP Akan di Integrasikan Jadi NPWP

Berita Terkait