Kampung Warna Warni di Cianjur, Ingin Integrasikan Wisata dan Kuliner



Cianjur, Beritainspiratif.com - Masih hit di dunia maya  terkait kampung wisata warna warni yang diupload di Instagram atau aplikasi tiktok hingga Helo. Unik nya lagi destinasi desa wisata rumah yang ada, di cat warna-warni, bukan saja cuma 1 rumah yang di cat, tapi hampir 1 kampung hingga jalan-jalannya. 

Ambil saja contoh yang ada Kampung Warna Warni Jodipan di Malang, kampung ini dulunya merupakan perkampungan kumuh yang telah berganti wajah sejak mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang mengubahnya jadi lebih hidup dengan polesan penuh warna warni, sehingga banyak spot foto menarik yang bisa ditemukan di tempat ini, misalnya lukisan 3D, jembatan Embong Brantas, lorong payung dan sebagainya.

Tidak hanya di Malang atau destinasi wisata kampung warna warni yang ada di Kota-kota lain, Kini di sebuah perumahan di Kota Cianjur, kita dapat jumpai kampung warna warni yang berlokasi di  Perumahan Sukasari Regency Blok A, F dan G RT 02 RW 07 Desa Sukasari Kec. Karangtengah Kabupaten Cianjur. Lebih tepatnya berada setelah  kawasan terminal Bus Rawabango, belok kiri menyusuri kampung bojong.   

Baca Juga: Posko THR 2021 Kementerian Ketenagakerjaan Catat 2.278 Laporan

Disini atas inisiatip warga Perumahan Sukasari Regency, di Blok G dan F diinisiasi oleh Supendi, Firman dan Dede, sedangkan di Blok A diinisiasi oleh Aiman yang secara bergotong royong dan swadaya warga menciptakan suasana perumahan agar tampak lebih cantik dan lebih indah.

Bukan saja kawasan perumahan di cat dengan penuh warna warni, warga perumahan pun memanfaatkan pekarangan dan lahan yang tidur di sekitar perumahan untuk bercocok tanam.

Dihubungi Beritainspiratif.com melalui sambungan seluler dengan Supendi, Kamis (13/5/2021) warga Perumahan Sukasari Regency Cianjur yang juga salah satu penggagas bersama warga lainnya, mengemukakan bahwa secara gotong royong di kawasan ini kita ciptakan  suasana lebih menarik dan menjadikannya sebagai kawasan warna warni.

“Disini jalan pavingblok di perumahan kita cat dengan aneka warna warni dan gambar, sehingga suasana perumahan tampak lebih hidup,” ungkap Supendi

“Bukan saja jalan warna warni dan pos ronda, pada bagian atas jalan tersebut,  dipasang juga beraneka warna payung,” tambahnya.

“Suasana tampak lebih indah lagi di saat malam hari tiba, disetiap payung ini telah kita pasang lampu-lampu yang menyala bak api berjalan, sehingga menambah keindahan suasana di malam hari,” ujarnya.

Tonton: Kampung warna warni di malam hari

Wisata Kuliner dan Urban Farming

Selain kampung warna warni yang ada, di kawasan perumahan ini para warga setempat secara swadaya juga memanfaatkan lahan tidur dengan melakukan penanaman sayuran dan buah-buahan, sehingga diharapkan dapat menciptakan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Ada lahan sekitar sini dan lahan sekitar pagar rumah, yang dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam seperti sayuran tomat dan lainnya sebagai urban farming,” jelasnya.

Ia mengharapkan kampung warna warni dapat diperluas di seluruh kawasan perumahan sukasari regency, serta dapat melengkapi aneka tanaman sayuran dan buah-buahan lebih banyak lagi.

Supendi mengakui pihaknya bersama warga setempat masih memiliki keterbatasan, untuk itu ia membutuhkan dukungan kerjasama, kolaborasi dan sinergi mulai dari tingkat RT/RW, Pemerintahan Desa hingga Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui dinas terkait, serta pihak-pihak lainnya.

Bukan itu saja, pihaknya juga mengharapkan lahan tidur yang ada disekitar kawasan perumahan ini dapat dimanfaatkan sebagai car free day, sehingga dapat membuka peluang pengembangan UKM makanan bagi warga setempat (PKK/Karang Taruna), RT-RW dan warga sekitarnya yang akan menumbuhkan perekonomian.

“Dari kegiatan mulai dari wisata kuliner, urban farming dan UKM, diharapkan dapat menghasilkan, sehingga bisa dialokasikan untuk anggaran pembangunan di kewilayahan,” pungkasnya.

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait