Begini Cara Bikin Akun dan Upload Video di Aplikasi TikTok

Foto: Tik Tok / Istimewa


Beritainspiratif.com - TikTok adalah sebuah jaringan sosial berbentuk aplikasi audiovisual dan memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi video musik di dalamnya, yang kian ramai diminati.

Belakangan ini eksistensi TikTok ramai diisi dengan berbagai konten yang dibuat oleh para creator.  Tentunya kita dalam menggunakan aplikasi tik tok harus bijak dan positif  dengan mengisi konten-konten yang bermanfaat serta menginspirasi bagi diri pengguna dan penontonnya.

Misalnya dengan mengisi cerita yang inspiratif yang dikembangkan menjadi sebuah kisah yang menarik dan terkandung pesan di dalamnya. Selain itu konten tersebut hendaknya juga dapat memberi kebaikan kepada banyak orang, menggugah perasaan, memberi kesan dan menginspirasi seseorang untuk berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Baca Juga: Unik ! Bayi di Brebes Diberi Nama ‘Dinas Komunikasi Informatika Statistik’

Untuk itu bagi anda yang berminat membuat dan mengunggah video TikTok, berikut langkah mudah untuk membuat akun dan video TikTok:

1. Unduh Tik Tok dan Daftar 

Langkah pertama unduh dulu aplikasi TikTok, yang tersedia play store, lalu daftar dan mulailah bikin akun dengan mengikuti langkahnya.

Anda juga dapat menghubungkan aplikasi TikTok ke akun medsos yang sudah aktif, bisa ke Facebook, Twitter atau akun Gmail.

2. Edit Profil Akun

Setelah mendaftar dan aplikasi Tik Tok terbuka , masuklah ke profil dengan melakukan tap ikon "Me/Saya" yang berada di sudut kanan bawah aplikasi Tik Tok dan pilih edit profil.

Tambahkan gambar atau video buat profil kalian, dan jangan lupa isi Bio kalian supaya menarik. Saat bikin akun pertama kali, biasanya username kalian masih berupa deretan kode atau angka. Username ini bisa kalian ubah sesuai nama akun yang diinginkan.

Kalian juga bisa menambahkan link Instagram, YouTube dan Twitter ke profil TikTok agar konten kalian bisa lebih terpublish ke akun medsos kalian. Ini berguna juga buat kalian yang menggunakan TikTok untuk mempromosikan bisnis atau brand.

3. Mencari Ide

Tap pada tab "Home" untuk tahu rekomendasi yang ditawarkan TikTok. Sama seperti Instagram, Twitter atau YouTube, aplikasi ini juga akan menampilkan saran akun-akun yang kontennya mungkin kalian suka untuk difollow atau ditonton.

Di sini kita juga bisa mulai cari-cari ide mau bikin video TikTok apa. Dari video dan akun-akun yang disarankan, biasanya kalian mulai meniru apa sih yang lagi banyak dibikin orang. 

Kita bisa juga mencari sendiri akun, hashtag, sounds, video atau challenge yang sedang ramai dibuat pengguna TikTok lainnya dengan tap ikon pencarian "Discover/Cari". Kalau mau lebih spesifik, ketik saja nama akun, sounds, hashtag atau challenge yang sedang kalian cari pada bar di kolom pencarian.

4. Melakukan Interaksi

Selanjutnya, mulailah berinteraksi. Disini perlu diketahui bahwa,  nonton video di TikTok sama saja seperti di Instagram atau Facebook. Kalian bisa memberikan reaksi seperti menyukai (tap love), komentar, atau membagi kembali konten yang sudah kalian tonton.

Opsi untuk berinteraksi tersedia di sebelah kanan layar saat video tersebut sedang tayang. Kalau mau follow si creator, kalian bisa lakukan swipe ke kiri untuk ke halaman profilnya dan subscribe akun si creator tersebut.

5. Membuat Video 

Setelah itu, anda dapat membuat video langsung . Caranya, tap ikon plus "+" lalu di bagian tengah pada bar bawah layar untuk mulai merekam. Video juga dapat diunggah dari video yang sudah ada.

6. Merekam video

Kalian sekarang bisa tap tombol rekam di tengah layar dan mulai merekam. Supaya tidak perlu menahan tombol rekam, caranya bisa dengan mengatur batas waktu merekam, sementara kalian bisa bebas bergerak dan berekspresi.

7. Lakukan Edit Video   

Setelah merekam video, kalian bisa mengeditnya.  Menambahkan lagu, teks, filter, dan lain-lain agar video kalian lebih kreatif. Pada layar akan tampil sejumlah opsi untuk mengedit video, ada flip, speed, beauty, timer, filter, effects dan masih banyak lagi.

Setelah mengeditnya, tap "Next" dan kalian akan dibawa ke halaman berikutnya untuk memberi tambahan di caption sebelum diupload.

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat video TikTok, semoga kreatifitas anda dapat terasah dengan baik serta menginspirasi bagi penontonnya. Selamat Mencoba. 

Yanis

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait