VIRAL ! Rumah Dengan Lukisan Mural di Gorontalo Jadi Wisata Dadakan

Foto: Kementerian PUPR


Gorontalo, Beritainspiratif.com - Warga masyarakat di Gorontalo yang menerima bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR saat ini mendadak menjadi objek wisata baru. Rumah yang sebelumnya tidak layak huni (Rutilahu) kini berhasil dirubah menjadi rumah yang layak dan menarik perhatian warga dan viral di media sosial.

Menurut Suwarni Pakili salah satu pemilik rumah yang menerima bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, mengaku sangat senang bisa mendapatkan bantuan bedah rumah ini. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Dirjen Perumahan dan semua pihak yang telah membantu perbaiki rumah ini. Saya minta program ini bisa dilanjutkan karena masih banyak rumah yang tidak layak huni dan bisa dibantu melalui program tersebut,” ujarnya di laman resmi Kemeneterian PUPR - Ditjen Perumahan, Jum'at (26/2/2021).

Baca Juga: Lumpuh 5 Tahun, Danramil dan Babinsa Ini Sisihkan Gajinya Sumbangkan Kursi Roda

Sebagai informasi, Program BSPS merupakan bantuan dari pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah berupa dana stimulan untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dan gotong royong dalam pembangunan rumah tidak layak huni agar menjadi layak huni. Rumah penerima BSPS nantinya diharapkan dapat memenuhi kriteria kesehatan, keselamatan dan kecukupan ruang.

Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan kegiatan Program BSPS di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Di daerah tersebut kini juga banyak bermunculan rumah-rumah BSPS yang telah rampung 100 persen dan sekarang ada sekitar 20 rumah menjadi tempat wisata karena konsep muralnya karena dicat warna – warni tiga dimensi.

“Pada tahun 2020 ini kami akan menyalurkan Program BSPS di Provinsi Gorontalo sebanyak 5.000 unit dengan total anggaran Rp 87,5 Milyar. Bantuan tersebut tersebar di enam kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo yakni Kabupaten Gorontalo (1.550 unit), Kabupaten Bone Bolango (879 unit), Kabupaten Pohuwato (520 unit), Kabupaten Gorontalo Utara (717 unit) , Kota Gorontalo (553 unit), dan Kabupaten Bolaemo (781 unit),” terangnya. 

Berikut foto-fotonya:

Yanis

Baca Juga:

Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait