Gempabumi Tektonik M 5,0 Guncang Pandeglang Banten Dini Hari

Foto: InfoBMKG


Pandeglang, Beritainspiratif.com - Gempabumi tektonik telah terjadi pada Hari Jumat, 26 Februari 2021 pukul 02.45.05 WIB di wilayah Pandeglang. Dilansir akun resmi Info BMKG, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,0.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,75 LS dan 105,6 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 54 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 60 km." tulis BMKG.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ )," lanjutnya.

Baca Juga: Ada Tol Ciawi-Sukabumi Jarak Tempuh Bogor-Sukabumi Hanya 1 - 2 Jam

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pandeglang III-IV MMI, Malingping, Carita, Sumur, Munjul, dan Labuan II-III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI", tambahnya.

Hingga hari Jumat, 26 Februari 2021 pukul 03.20 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan

Yanis

Baca Juga:

Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait