Mayor Kav Ronald Raih Predikat Siswa Asing Terbaik Pendidikan Di Korsel



Jakarta, Beritainspiratif.com - Salah satu Perwira Siswa (Pasis) TNI bernama Mayor Kav Ronald Tampubolon, S.H., yang menempuh pendidikan di Korea Selatan menorehkan prestasi yang mengharumkan nama bangsa di komunitas internasional.

Mayor Ronald yang sedang mengikuti pendidikan Bahasa Korea di Korea Defense Language Institute (KDLI) berhasil meraih predikat Siswa Asing Terbaik dalam pendidikan target course yang diikuti oleh 85 orang perwira militer dari 26 negara untuk melanjutkan ke Joint Forces Military University (JFMU), setingkat Sesko Angkatan Darat di Korea Selatan (4/12/2020).

Baca Juga:7-sekolah-berbudaya-lingkungan-raih-raksa-prasada-2020-dari-gubernur-jabar

Pada kesempatan itu, Mayor Ronald juga berhasil mencapai level 4 pada ujian Bahasa Korea yang berbasis Test of Proficiency in Korea (TOPIK) yang diselenggarakan oleh National Institute for International Education (NIEED).

Mayor Kav Ronald Tampubolon, S.H.

Atas prestasi itu, penghargaan diberikan langsung oleh Komandan KDLI, Kolonel Sin Ki Eob pada upacara penutupan pendidikan bahasa Korea pada 4 Desember 2020 lalu.

KDLI adalah lembaga pendidikan bahasa di bawah Kementerian Pertahanan Korsel yang mengajarkan berbagai bahasa asing seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Spanyol, Cina, Jepang, Rusia, Jerman dan Arab.

Pendidikan Bahasa Korea yang dilaksanakan selama 10 bulan di KDLI merupakan prasyarat sebelum mengikuti pendidikan lanjutan setingkat Sesko Angkatan yaitu Joint Forces Military University (JFMU) dan setingkat Lemhannas yaitu Korean National Defense University (KNDU).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pendidikan kali ini banyak mengalami perubahan seiring pandemi Covid-19 yang telah memasuki gelombang ketiga di Korsel. Kegiatan pendidikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam program ini, TNI mengirimkan lima perwira, yakni  Kolonel Mar Sungatijantoro, Mayor Kav Ronald Tampubolon, Mayor Laut (P) Nana Suryana, Mayor Mar Faizal Imam dan Mayor Pnb Siswantoyo. (Dispenad).

Yanis

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

3. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait