Inilah Top 15 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pemenang Kompetisi Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Penerima penghargaan sebanyak 15 pemenang terdiri dari kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga:Pemkot-bandung-terbaik-dalam-pengelolaan-pengaduan-pelayanan-publik-2020

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia yang digelar oleh Kementerian PANRB bersama Ombudsman RI (ORI) dan Kantor Staf Presiden (KSP) serta didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) CEGAH ini.

Total peserta Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 mencapai 439 instansi. Peserta terdiri dari 237 Instansi Pemerintah (IP) dan 202 Unit Pengelola Pelayanan (UPP).

Baca Juga:Libur-natal-dan-tahun-baru-pt-kai-daop-2-bandung-operasikan-12-ka-jarak-jauh

Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, mengungkapkan bahwa jumlah peserta tahun ini meningkat sebesar 40,7% dibanding jumlah peserta tahun 2019. Selain itu angka partisipasi IP naik 62%, sementara peserta UPP meningkat 27% dibandingkan tahun lalu.

“Semua proses sosialisasi, registrasi, presentasi dan wawancara dilaksanakan secara daring. Ini merupakan tantangan yang besar bagi peserta maupun juri. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme peserta dan juri di tengah masa beradaptasi kebiasaan baru,” ungkap Diah Natalisa dilaman resmi Kemenpan RB.

Ketua Dewan Juri Azwar Abubakar menilai pelaksanaan wawancara secara daring tidak mengurangi mutu penilaian juri, tetapi justru memicu semua yang terlibat dalam kompetisi untuk mendapatkan cara baru yang lebih luas cakupannya.

Menurut Azwar awalnya keberadaan kanal LAPOR! hanya untuk pengaduan biasa namun kini masyarakat dapat memberikan masukan pada pemerintah untuk menjadi bahan evaluasi dalam rangka perbaikan pelayanan publik.

“Prinsipnya ada korelasi kuat antara keterbukaan pemerintah merangkul masyarakat dalam mewujudkan reformasi birokrasi,” ujar Azwar di tengah melakukan proses penjurian, (12/11/2020).

Dewan juri terdiri dari Azwar Abubakar (Menteri PANRB periode 2011-2014), Adi Prasetya (Wakil Pemimpin Redaksi Berita Satu TV) Meuthia Ganie-Rochman (Akademisi), Eva Kusuma Sundari (Praktisi dan Anggota Tim Reformasi Birokrasi Nasional) dan Sad Dian Utomo (Perwakilan LSM). Setelah melalui tahapan evaluasi lanjutan ini, terpilih 15 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2020.

Daftar Top 15 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020

A. Kategori Instansi Pemerintah
a) Outstanding Achievement
1. Pemerintah Kota Bandung
2. Pemerintah Kota Semarang

b) Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik
1. Pemerintah Kabupaten Demak
2. Pemerintah Kabupaten Sleman

c) Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik
1. Kementerian Dalam Negeri
2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

d) Pengelola dengan Aspek Dampak Terbaik
1. Pemerintah Kabupaten Pacitan
2. Pemerintah Kota Surakarta

e) Pengelola dengan Perubahan dan Perbaikan Pengelolaan Pengaduan Terbaik
1. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
2. Pemerintah Kota Tangerang

f) Pengelola dengan Aspek Keberlanjutan Terbaik
1. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
2. Pemerintah Kota Madiun

B. Kategori Unit Pengelola Pelayanan
1. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
2. Kantor Pertanahan Kota Bogor
3. Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan

Yanis

Baca Juga:

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 09 May 2021
Polisi Dapati Tujuh Pemudik Naik Ambulan