Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 2 Bandung Operasikan 12 KA Jarak Jauh



Bandung, Beritainspiratif.com - Menghadapi masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan 12 perjalanan kereta api jarak jauh untuk melayani para pemakai jasa angkutan kereta api yang akan mengisi liburan dengan tujuan Jakarta serta berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kami siap melayani pemakai jasa kereta api yang akan mengisi liburan Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Noxy Citrea dalam siaran persnya, Rabu (25/11/2020). 

Menurut Noxy pada libur Natal dan Tahun Baru ini, satu perjalanan kereta api jarak jauh yakni KA Malabar, tidak dioperasikan setiap hari karena masih dalam masa pandemic Covid-19. 

Untuk KA Malabar relasi Bandung - Malang, selama Desember ini hanya dijalankan pada tanggal 4, 6, 11, 13, 18, 20, 23, 24, 25 dan 27 Des 2020.

Sementara 11 KA lainnya dijalankan setiap hari mulai 1 sampai 31 Desember 2020, yaitu KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng, KA Turangga relasi Bandung - Surabaya Gubeng, KA Harina relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi, KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir,KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir berangkat dari Stasiun Kiaracondong, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar. 

Baca Juga:Inilah-21-inovasi-penanganan-covid-19-yang-raih-penghargaan-dari-menpanrb

Selain itu ada juga KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo, KA Serayu Siang relasi Kiaracondong - Purwokerto, KA Serayu Malam relasi Kiaracondong - Purwokerto, KA Serayu Siang relasi Kiaracondong - Pasarsenen dan KA Serayu Malam relasi Kiaracondong - Pasarsenen. 
Untuk mencegah penyebaran Covid-19, lanjut Noxy jumlah penumpang dibatasi 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Petugas di atas kereta juga mobile secara rutin, membersihkan area yang sering dipegang oleh penumpang seperti pegangan pintu, toilet, dll serta melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang setiap 3 jam sekali.

Calon penumpang  tetap diharuskan menunjukan surat bebas Covid 19, dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

“Di stasiun kami siapkan tanda pembatas, handsanitizer, wastafel portabel dan himbauan untuk terus melakukan 3M. Kami juga memberikan faceshield secara gratis yang harus digunakan oleh pelanggan baik selama perjalanan maupun pada saat tiba di stasiun tujuan,” tutur Noxy.

Ia menambahkan untuk pemesanan tiket sudah dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta chanel penjualan resmi lainnya. 
"Untuk pemesanan tiket dan melihat jadwal keberangkatan, tarif serta ketersediaan tempat duduk, dapat mengakses aplikasi KAI Acces," pungkasnya.

(Ida)

Baca Juga:

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta