Pemkot Bandung Rilis Inovasi UMKM Recovery Center



Bandung, Beritainspiratif.com - Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung Atet Dedi Handiman mengatakan, sekitar 6000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung turut terdampak pandemi Covid-19. Data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung menunjukkan UMKM sektor jasa paling terpukul.

“Sektor jasa hampir 100 persen ketika awal pandemi, seperti salon, pernikahan, pariwisata terkena dampaknya. Kedua itu craft atau kerajinan tangan,” ujarnya di Kota Bandung Jumat (2/10/2020)

Selain itu, sektor fashion mengalami rata-rata penurunan omzet sebesar 79 persen dari omzet pada saat sebelum pandemi. Sedangkan sektor kuliner berada di angka 65 persen.

Baca Juga:Pantau-area-publik-ema-jaga-agar-tetap-bersih-dan-asri

Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi Kota Bandung, UMKM pun langsung mendapatkan pertolongan. Selain bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi, Dinas KUMKM mengeluarkan inovasi UMKM Recovery Center.

“Di dalamnya ada empat kegiatan, yaitu business matching, coaching clinic, intermediasi pembiayaan, dan galeri pemasaran produk UMKM,” ucapnya.

Lebih lanjut Atet mengatakan, para pelaku UMKM di Kota Bandung bisa memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis melalui Dinas KUMKM Kota Bandung. Inovasi ini yang membawa Dinas KUMKM mendapatkan penghargaan Natamukti Nindya, penghargaan tertinggi di Indonesia bagi pemerintah daerah atas kesuksesan dalam manajemen UMKM.

Selain akan mendapatkan kursus dan pelatihan untuk bertahan di tengah pandemi, kata dia, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan akses terhadap kredit keuangan.

“Kami memang tidak bisa membantu dari segi pembiayaan secara finansial. Tapi bisa kami fasilitasi dengan kredit pembiayaan melalui bank. Kami sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri dan mereka bersedia membantu, karena mereka memiliki dana kredit yang belum tersalurkan,” jelasnya.

Atet menambahkan, apabila para pelaku UMKM membutuhkan layanan ini, warga bisa langsung datang ke Sekretariat UMKM Recovery Center yang berada di kawasan Jalan Mustang, Sukawarna, Sukajadi, Kota Bandung.

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

(Mugni)

Berita Terkait