Anggota DPRD Jabar: Bandara Kertajati Mati Suri, Jika Dibuka Kebijakan Berangkat Dari Husein



Bandung, Beritainspiratif.com - "Sangat disayangkan,". Demikian komentar anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady, menanggapi pembukaan rute baru Citilink dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke beberapa tujuan di luar Jawa.

Daddy menyayangkan keputusan tersebut. "Pada Hari Kemerdekaan ini mulanya saya berharap mendapat kado istimewa untuk BIJB Kertajati. Lha kok kebijakannya malah seperti ini ?, " kata Daddy, Senin (17/8/2020).

Baca Juga:Upacara-hut-ke-75-ri-oded-ajak-masyarakat-tingkatkan-kewaspadaan

Pembukaan rute baru Citilink untuk beberapa rute ke luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, disampaikan Direktur Utama Citilink Juliandra.

Citilink akan membuka rute Husein ke Denpasar, Palembang, Pekanbaru, Medan, Balikpapan dan sebaliknya.

"Saya berharap Kertajati diberdayakan secara lebih optimal. Dengan demikian, bandara kebangaan Jawa Barat tersebut akan lebih hidup. Lha kalau begini, pasti hanya akan memperpanjang mati suri," ujar dewan dari dapil Cirebon - Indramayu tersebut.

"Mana mungkin Kertajati bisa berkembang jika rute-rute yang cukup banyak peminatnya tersebut, justru berangkat dari Husein? Kalau kebijakannya seperti ini, pasti Kertajati tak akan berkembang sampai kapan pun," tegas Daddy.

Baca Juga:Komisi-v-dprd-jabar-pendidikan-khusus-dan-pendidikan-layanan-khusus-kurang-dapat-perhatian

Daddy mengakui sejumlah kendala masih harus diselesaikan, jika BIJB Kertajati akan dioptimalkan fungsinya.

Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu, dikatakanya belum memiliki beberapa sarana dan prasarana layaknya sebuah bandara internasional.

BIJB Kertajati hingga saat ini belum memiliki, atau paling tidak berdekatan dengan sebuah rumah sakit, hotel, pertokoan besar/mall. Apalagi kalau bandara seluas 1.000 hektare ini, akan menjadi embarkasi haji.

Asrama haji yang sedang dibangun di Kabupaten Indramayu harus dipercepat pembangunannya.

Dari sisi potensi, memang BIJB Kertajati sangat strategis. Betapa tidak, Jabar adalah provinsi yang mengirim jumlah jamaah haji terbesar setiap tahunnya.

Demikian juga dengan jumlah jamaah umrah dari 27 kabipaten/kota di Bumi Parahyangan itu. "Sayangnya, hal itu terkendala masalah belum tersedianya sarana/ prasarana penunjang," ujar dia.

Menurut Daddy jalan Tol Cisumdawu, juga harus segera diselesaikan. Seandainya tol di bagian timur Jabar tersebut selesai, warga Jabar selatan dari bagian timur tidak perlu lagi harus melingkar atau berputar ke Cikampek/Karawang. Mereka tinggal lurus saja dari selatan ke utara.

Waktu tempuh yang dibutuhkan pun akan terpangkas dari 4-5 jam hanya menjadi 1,5 jam saja.

"Jadi, menurut saya, Tol Cisumdawu harus segera diselesaikan paralel dengan sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan. Itu semua butuh goodwill pemerintah pusat," pungkasnya.

(Ida)

Berita Terkait