Daddy Rohanady : Bendung Pundong di Purwakarta, Butuh Perhatian Serius



Bandung, Beritainspiratif.com - "Bendung Pundong perlu perhatian serius,". Demikian komentar anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jabar Daddy Rohanady, usai melakukan kunjungan lapangan di Bendung Pundong, Selasa (11/08/2020).

Bendung yang terletak di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta tersebut, mengairi areal persawahan seluas 1.111 hektar yang tersebar di empat kecamatan , yakni Campaka, Bungursari, Kotabaru dan Jatisari.

Di hilir Bendung Pundong ada Situ Cibodas yang luasnya sekitar 5 hektare. Dari bendung menuju situ jaraknya 7,2 kilometer. Sepanjang itulah saluran primer dengan lebar 4,5--5 meter.

Baca Juga:19-relawan-vaksin-covid-19-lakukan-suntikan-tahap-pertama-di-rsp-unpad

Debit airnya pun tak pernah kering, sehingga petani bisa menanam padi dua kali setahun.

Daddy menegaskan, bendungan ini sangat dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya oleh para petani.

Selama ini para petani merasa persediaan air untuk sawahnya bisa terpenuhi sepanjang tahun.

"Dengan demikian sawah-sawah mereka per tahun minimal bisa panen 2 kali," ujar anggota dewan asal daerah pemilihan Cirebon-Indramayu tersebut.

Lebih lanjut, Daddy berharap banyak bendungan lain di wilayah Jabar, yang debit airnya bisa seperti ini. Sayangnya, pintu air bendungan yang dibangun pada tahun 1914-1918 itu, tidak bisa lagi dinaik-turunkan secara leluasa karena pintu besinya sudah melengkung.

"Saya cukup prihatin. Bagaimana mungkin bisa memperbaiki pintu air besi yang rusak, jika pada APBD murni 2020 hanya dianggarkan Rp 134 juta. dari APBD?" ujarnya.

Kalau air untuk sawah tersedia, pasti petani menjadi lebih sejahtera. Laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jabar pun pasti meningkat. Dengan demikian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jabar pun pasti meningkat,

"Kalau IPM meningkat, logikanya, mestinya Indeks Kebahagiaan juga naik. Jadi, nantinya masyarakat Jabar akan merasa bahwa visi Gubernur Ridwan Kamil ingin mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin bukan sekadar isapan jempol belaka. Jadi, mereka akan merasa bahwa visi tersebut benar-benar menjadi sebuah komitmen, bukan komat-kamit temen," pungkasnya

(Ida)

Berita Terkait