19 Relawan Vaksin Covid-19 Lakukan Suntikan Tahap Pertama di RSP Unpad



Bandung, Beritainspiratif.com -  Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan di uji usap. Sebanyak 19 orang relawan vaksin Covid-19 mendapat penyuntikan pertama di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjajaran (Unpad), Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/08/2020).

Ketua Tim Peneliti Uji Klinis vaksin Covid-19, dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Kusnandi Rusmil mengatakan awalnya ada 21 relawan yang akan disuntik vaksin hari ini, namun yang datang hanya 19 relawan. 

"Sudah, tadi 19 sesuai dengan swab kemarin, kemarin kan 21 diswab, tapi yang datang 19, mungkin yang tadi satu kurang sehat," ujar Kusnandi di RSP Unpad, Kota Bandung Selasa (11/9/2020).

Baca Juga:Januari-2021-bpom-targetkan-izin-peredaran-vaksin-covid-19-keluar

Menurutnya, setelah mendapat suntikan pertama, 14 hari kemudian 19 relawan itu harus kembali datang ke RSP untuk mendapat suntikan kedua. Setelah dua kali disuntik, kata dia, baru enam bulan kemudian dicek lagi. 

"Jadi habis dua kali suntik diambil darah, terus akhirnya diperiksa lagi darahnya," katanya. 

Baca Juga:Hadiri-dies-natalis-ke-60-seskab-berharap-fikom-wujudkan-harmoni-untuk-keunggulan-unpad

Kusnandi mengatakan, dalam uji vaksin tahap ketiga ini, ada dua efek samping yang akan dirasakan oleh relawan yakni lokal dan sistemik.

"Kalau lokal bengkak, berapa besar bengkaknya, nanti kita lihat, kalau sistemik, panas, berapa panasnya, jadi gitu, mereka semua lapor,"jelasnya.

Pihaknya juga memastikan tidak ada istilah gagal dalam uji vaksin ini. Sebab, kata dia, ini merupakan uji klinis tahap ketiga. 

"Selama ini gak ada efek samping nya, kan ini yang ketiga, kalau banyak efek sampingnya dari dulu sudah tidak bisa lagi, sekarang ketiga," katanya.

Baca Juga:upt-puskesmas-garuda-uji-klinis-vaksin-covid-19-telah-memasuki-tahap-v1

Sementara itu, Juru Bicara Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Covid-19, dr Rodman Tarigan mengatakan sebanyak 19 orang relawan yang disuntik vaksin covid-19 dilakukan berdasarkan jumlah sumberdaya peneliti dan agar memudahkan pemberian imunisasi di masing-masing tempat uji klinis vaksin.

"19 orang, sudah diperhitungkan dengan SDM peneliti dan untuk memudahkan pemberian imunisasi di masing-masing site," katanya.

Selain itu, calon relawan lainnya yang telah mendaftarkan diri diambil uji usap di puskesmas yang telah ditunjuk.

Ia mengatakan ke 19 relawan yang disuntik terdapat disuntik vaksin covid-19 maupun plasebo. Menurutnya, mereka pun sudah di tes uji usap dan diperiksa darah. Sedangkan di lima tempat lainnya dilakukan uji usap kepada calon relawan.

"19 yang ada yang mungkin (disuntik) vaksin atau plasebo sudah di swab dan diambil darah juga yang di Eyckman. 5 site lain hari ini swab," katanya.

(Mugni)

Berita Terkait