Pemuda Pelopor Ini Jadikan Pancake Tape Ketan Sebagai Oleh-oleh Baru Khas Cirebon



Cirebon, Beritainspiratif.com - Cirebon yang terkenal dengan budaya dan tradisinya ternyata memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa, kuliner yang sekarang berkembang dan menjadi ikon Cirebon diantaranya empal gentong, tahu gejrot, sega jamblang dan berbagai jenis kuliner lainnya.

Selain kuliner yang banyak dijajakan, ada salah satu kuliner khas Cirebon yang selama ini menjadi primadona dan banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung salah satunya adalah tape ketan.

Nuratikah, ibu satu anak ini mencoba memodifikasi tape ketan menjadi makanan kekinian yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Nuratikah yang juga peraih pemuda pelopor tingkat Kabupaten Cirebon, ini membuat tape ketan menjadi pancake tape ketan yang sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

"Awalnya saya kepingin ada kuliner baru yang kekinian tapi tidak menghilangkan ke khasan kuliner Cirebon itu sendiri, dan saya melihat tape ketan belum banyak orang yang mengolah menjadi makanakan kekinian," ujar Nuratikah saat ditemui beritainspiratif.com, Selasa (29/1/2019).

Dengan kemampuan yang dimiliki, pancake tape ketan Cirebonan yang diproduksi Nuratiah ini memiliki citarasa tersendiri. "Pancake identiknya dengan durian, dan saya mencoba membuat pancake dari tape ketan dan hasilnya masyarakat merespon nya dengan baik," katanya.

Nuratikah berharap produk olahannya ini bisa dirasakan tidak hanya oleh masyarakat Cirebon saja, namun juga oleh masyarakat dari luar Cirebon.

"Untuk pemasaran, memang kita sejauh ini hanya sistim online saja, dan baru beberapa toko oleh-oleh yang mau menampung prodak kami ini, kedepan sih mudah-mudahan semua toko oleh-oleh bisa menampung prodak kami ini," tandasnya.

(Dekur)

Berita Terkait