Jabar Akan Bentuk Forum BUMN



Bandung, Beritainspiratif.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendukung pembentukan Forum BUMN Jawa Barat. Dukungan itu disampaikan menanggapi usulan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyatakan pentingnya dibentuk Forum BUMN.

"Saya mendukung usulan Gubernur Jawa Barat untuk membentuk Forum BUMN," ujar Rini kepada wartawan pada acara Excelen: Inovasi Untuk Negeri Sinergi BUMN Membangun Negeri di PT. Len Industri jl. Soekarno Hatta Kota Bandung, Rabu (31/10/2018).

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, jumlah BUMN strategis yang ada di Indonesia cukup banyak. Karena itu, perlu sebuah lembaga untuk meningkatkan komunikasi, baik antar BUMN maupun dengan pemerintah daerah.

"BUMN yang aktivitas utamanya di Jawa Barat, dapat berhimpun dalam lembaga tersebut," ujarnya.

Forum BUMN, kata Ridwan Kamil, juga untuk mensinkronkan kebutuhan Jawa Barat yang dapat diproduksi oleh BUMN. "Sebaliknya, kami akan membeli produknya," kata Ridwan Kamil.

Dicontohkan, ia sebagai Dan Satgas Citarum mengaku bingung cara membersihkan sungai Citarum yang sangat kotor. Setelah berkoordinasi dengan PT. Pindad, BUMN ini dapat membuat mesin pengambil sampah. Dalam waktu dua bulan, protipenya sudah selesai.

"Tadinya saya mau membeli dari luar negeri. Sekarang mesin pengambil sampah produk Pindad, akan menjadi mesin pengambil sampah sungai tidak hanya di Jawa Barat tapi seluruh Indonesia," ucapnya.

Ia menambahkan, sebagai pemimpin wilayah, pihaknya juga akan membantu mempromosikan produk-produk BUMN pada diplomasi pemprov. Jabar ke luar negeri.

"Dalam teori marketing, best marketer itu orang nomor satu di wilayahnya. Selama ini, ketika kedatangan duta besar dari berbagai negara ke Jawa Barat atau diundang ke luar negeri, saya gak jualan produk BUMN karena kurang pengetahuan," pungkasnya.    (Ida)

Berita Terkait