Ridwan Kamil Komit Tekait Masalah Keumatan Akan Tanya Ke Ulama



Bandung, Beritainspiratif.com – Ketua MUI Provinsi Jawa Barat, Rachmat Syafei, menyambut baik rencana Gubernur Jabar memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada para ulama Jabar, kemudian memberangkatkan mereka untuk berdakwah di luar negeri. Program ini akan mencitrakan Islam dari prespektif warga Indonesia di luar negeri.

Menurut Rachmat berdasarkan pengalaman Emil yang diceritakan kepadanya, banyak warga di luar negeri khususnya Amerika Serikat yang mengenal Islam dari ulama asal Timur Tengah.

"Berdasarkan pengalaman beliau, ketika kuliah di Amerika, warga di sana mengenal Islam dari Timur Tengah. Beliau sekarang inginnya dari masyarakat Indonesia," kata Rachmat pada pertemuan dengan Gubernur Jabar di Kantor MUI Jabar, Jumat (14/9/2018).

Rachmat menilai, pengenalan Islam dari ulama Indonesia dilakukan dalam situasi yang damai. Sedangkan "Di Timur Tengah kan terkontaminasi, dalam keadaan perang. Kalau dakwah di Indonesia dalam keadaan damai, sehingga pemikirannya damai. Tidak sekeras di sana," katanya.

Sementara itu, Emil menyampaikan bahwa kunjungannya ke Kantor MUI Jabar adalah sebagai bentuk penghormatannya kepada para ulama. Kami dan MUI menjadi tempat berbagi pendapat mengenai agama sebelum memutuskan sesuatu kebijakan.

"Kami juga berkomitmen dengan MUI lewat program Provinsi Halal, pelatihan ulama, program dakwah, kesekretariatan, pengajaran bahasa Inggris untuk ulama sehingga bisa berdakwah di luar negeri," Ujar Emil.

"Saya komit, apapun masalah di Jawa Barat, terkait keumatan, saya tanya dulu ke ulama," katanya.  (Yanis)

Berita Terkait