Mahasiswa Baru UMS Surabaya Catatkan Rekor Muri Dance (VR) Terbanyak



Surabaya, Beritainspiratif.com – Masa Orientasi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) yang diikuti 2.232 Mahasiswa Baru selain diperkenalkan seputar kampus juga diisi dengan berbagai kegiatan dan diajak berkreasi sesuai motto “UMS Kampus Sejuta Inovasi”, Jumat, (14/9/2018) dari laman UMS Surabaya.

Untuk itu sebanyak 2.232 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) telah mencatatkan dalam Rekor Muri Dance atau Menari dengan panduan Virtual Reality (VR) atau realitas maya. Dance ini dikemas dalam bentuk Virtual Reality sebagai bentuk respon Universitas Muhammadiyah Surabaya terhadap perkembangan revolusi industri 4.0. Animasi gerakan dance yang diaplikasikan di Virtual Reality dibuat sendiri khusus oleh UMS untuk sosialisasi mahasiswa baru.

Dr. dr. Sukadiono MM, Rektor UMS Surabaya menyampaikan tahun ini tema DNA 4.0 dipilih sebagai bagian dari respon atas kondisi kekinian.

"Tema digital natives dan revolusi insudtri 4.0 merupakan bagian dari kesiapan kampus meyambut revolusi industri. Sejak awal mahasiswa baru kita kenalkan tentang tegnologi virtual reality dengan harapan mereka mampu menjadi bagian dari kemajuan bangsa, mengingat salah satu instrumen kemajuan bangsa adalah tegnologi," jelasnya.

Sukadiono, pembimbing kegiatan dance dengan animadi VR menambahkan UMS Dance ini mendapatkan pencatatan dari Rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia sebagai rekor penggunaan VR terbanyak di Indonesia.

"Hal tersebut kami lakukan sebagai tanda bahwa kita siap menyambut kemajuan teknologi. VR adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan komputer (computer-stmulated enwronment).  (Yanis)

Berita Terkait