STIMART AMNI Kini Jadi UNIVERSITAS MARITIM AMNI Semarang

Semarang, Beritainspiratif.com – Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “STIMART” AMNI Semarang menggelar acara ceremonial penyerahan Surat Keputusan perubahan bentuk perguruan tinggi yang semula dikenal dengan sebutan Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “AMNI” Semarang atau disingkat STIMART AMNI Semarang,  berubah menjadi Universitas Maritim  AMNI Semarang, pada acara yang berlangsung di Gedung Dewa Ruci UNIMAR AMNI Semarang, Jl. Soekarno Hatta No.180, Jumat siang (21/2/2020).

Perubahan bentuk dari STIMART AMNI Semarang menjadi UNIMAR AMNI Semarang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 93/M/2020 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor “AMNI” Semarang di Kota Semarang menjadi Universitas Maritim AMNI di Kota Semarang.

Penyerahan SK izin perubahan bentuk Stimart AMNI menjadi Universitas Maritim (UNIMAR) AMNI Semarang dilakukan oleh Plt Direktur Pendidikan Tinggi Profesi dan Vokasi Kemendikbud Dr Ir Agus Indarjo MPhil kepada Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Edi Soeprapto, disaksikan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Jateng, Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pelantikan dan penyerahan SK Pejabat Definitif Rektor UNIMAR AMNI Semarang kepada Ir. Siswadi, MT.

Selain itu juga acara diisi dengan pengukuhan anggota kehormatan Ikatan Alumni AMNI (IKANI) atas nama Dr.Agus Indarjo M.Phills dan Prof. DYP. Sugiharto, M.Kons.

Dihubungi melalui selular Jum’at, (21/2/2020) Sekretaris Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Drs Agus Aji Samekto MM, menyampaikan bahwa dengan berubahnya STIMART menjadi Universitas, maka Program Studi saat ini menjadi 8 prodi S1.

Ditambahkan oleh Agus Aji, ke depan pihaknya akan mengembangkan kampus di Mijen, Gunungpati, Semarang, disamping itu UNIMAR AMNI Semarang juga akan mengupayakan peningkatan Prodi D3 menjadi D4.

4 Program Studi (Semula):

D3 Ketatalaksanaan Pelayar Niaga dan Kepelabuhan.

D3 Nautika

D3 Tehnik

S1 Manajemen Transpor.

8 Program Studi (Sekarang):

S1 Transportasi

S1 Perdagangan Internasional

S1 Tehnik Keselamatan

S1 Tehnik Transportasi Laut

S1 Tehnik Mesin

D3 Tehnika

D3 Nautika 

D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan

Karangan Bunga Ucapan Selamat

Di halaman kampus dan seputaran Gedung Dewa Ruci UNIMAR AMNI Semarang, dipenuhi dengan berbagai karangan bunga ucapan selamat yang datang dari berbagai kalangan seperti Perbankan, perguruan tinggi dan spanduk bertuliskan Universitas Maritim AMNI Semarang.

Sejarah Singkat Nama dan Kampus

Universitas Maritim AMNI Semarang berdiri pada tanggal 9 September 1963, dan diusianya yang menginjak ke 57 tahun ini, dalam perjalanannya mengalami beberapa kali pergantian nama dan Kampus.

AIM Jl.Mataram

Berdiri pertama kali dengan nama AIM (Akademi Ilmu Maritim), dengan Kampus pertama di STM-Perkapalan JL.Mataram depan Pasar Peterongan. Kuliah di kampus hanya berlangsung selama periode  Januari hingga Juli 1963.

AMNI Jl.Majapahit

AIM berubah nama menjadi AMNI dengan kampus di SMP/SMA Marhaen Jl. Majapahit 24 Semarang. Kuliah Perdana berlangsung pada 9 September 1963.

AMNI Jl.Mugas Atas

AMNI pada tahun 1967 pindah Kampus ke Jl. Mugas Atas .

AMNI Kampus Biru

Pada Tahun 1985 AMNI pindah ke Kampus Biru

AMNI Berubah nama menjadi STIMART AMNI Semarang

Pada Tahun 2007 AMNI berubah nama menjadi STIMART-AMNI

STIMART AMNI Semarang Menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang

Pada 21 Februari 2020 dilakukan peningkatan pendidikan dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas, sehingga nama STIMART AMNI Semarang berubah nama menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang.

Pimpinan UNIMAR AMNI Semarang dari Masa ke Masa :

  1. Tahun 1963 – 1966     : Drs. Toeloes Soedarjo
  2. Tahun 1966 – 1967     : Ir Basuki (Direktur AMNI)
  3. Tahun 1967 – 1974     : M. Soegiono (Direktur AMNI)
  4. Tahun 1974 – 1978     : Drs R. Soewardi (Direktur AMNI)
  5. Tahun 1978 – 1996     : Drs R Hartono Soejopoetro SH (Direktur AMNI)
  6. Tahun 1996 – 2004     : Sudijono, SIP. MSi (Direktur AMNI)
  7.  Tahun 2000 – 2007    : Drs Agus Aji S, MM. (Ketua STIMART-AMNI)
  8. Tahun 2004 – 2007     : Drs. Kadar Soeratno (Direktur AMNI)
  9. Tahun 2007 – 2011     : Sajoga M.Eng (Ketua STIMART AMNI)
  10. Tahun 2011 – 2020      : Ir. Siswadi, MT ( Ketua STIMART-AMNI)
  11. Tahun 2020 –                : Ir. Siswadi, MT (Rektor UNIMAR AMNI)

Yanis

Sumber: UNIMAR AMNI Semarang

Penulis: Yayan Istiandi (Alumni 19)

Bagikan: