Inilah Skema 'Contraflow-One Way' Saat Mudik Lebaran 2024

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan saat rapat koordinasi persiapan arus mudik 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024) / Divisi Humas Polri


BERITAINSPIRATIF.COM - Korlantas Polri bakal memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di ruas Tol Trans Jawa selama masa mudik Lebaran 2024. Ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya kemacetan parah.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan, beberapa skema yang akan diterapkan, yakni contraflow, one way, dan ganjil-genap. Berbagai skema itu bakal mulai diterapkan mulai 5 April 2024 mendatang.

“Itu akan kita berlakukan untuk contraflow, kemudian one way, kemudian pembatasan angkutan barang tertentu. Itu akan mulai. Berlaku tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB,” kata Aan dalam keterangannya di rapat koordinasi persiapan arus mudik 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: Polri Imbau Masyarakat Tidak Mudik Gunakan Motor

Contraflow

Dia menjelaskan, penerapan contraflow akan diberlakukan pada KM 36 hingga KM 72 Tol Jakarta-Cikampek.

“Lalu (Kilometer) 72 sampai dengan (kilometer) 414 Kalikangkung kita akan melakukan one way,” sambungnya.

Ganjil Genap

Sementara untuk skema ganjil genap, Aan menyebut, penerapannya akan diberlakukan secara situasional. Bergantung pada kepadatan arus kendaraan yang melintas.

“Kemudian pengaturan lainnya, adalah pengaturan ganjil-genap, ini akan diberlakukan sesuai dengan situasi yang ada,” jelas Aan.

Baca Juga: Bio Farma Buka Mudik Gratis 2024, Berangkat dari Bandung Tujuan Jawa Tengah

Namun Aan belum dapat merinci jadwal pemberlakuan skema tersebut.

Lebih lanjut, Aan menyebut, segala upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah saat masa mudik Lebaran 2024.

“Apabila tidak ada mengatur ini, ini arus lalu lintas akan terjadi stagnasi,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait