Belajar Fotografer! Yuk Gabung PAF Kota Bandung Komunitas Pertama di Indonesia Berusia 1 Abad

Karya Fotografer Perhimpunan Amatir Foto / PAF Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dunia fotografi di Indonesia terus berkembang. Apalagi dengan hadirnya media sosial telah memberikan ruang bagi para fotografer untuk memamerkan hasil jepretannya.

Alhasil, komunitas fotografer pun turut terus bertambah. Tetapi tahukan jika komunitas fotografer tertua di Indonesia berasal dari Kota Bandung?

Ya, komunitas tersebut yaitu Perhimpunan Amatir Foto (PAF). PAF didirikan di Kota Bandung pada tanggal 15 Februari 1924 oleh arsitek Belanda Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker bersama saudaranya Prof. Schermerhorn.

Sebagai salah satu komunitas tertua di Indonesia, PAF kini sudah berusia 1 abad (100 tahun). Komunitas ini juga memberikan gelar Fotografer kepada anggotanya.

Komunitas PAF ini diketuai oleh Soewignyo Koesnadi, AFAP, A.FPSI**, QPSA, yang dikenal sebagai Kevin Yung. Kevin Yung telah menjabat sebagai ketua selama dua periode, yaitu tahun 2022-2023 dan 2024-2025.

Baca Juga: OJK Buka Lowongan untuk Lulusan S1 & S2, Simak Tatacara dan Syarat Pendaftaran Ini!

Baca Juga: Daftar 7 Tokoh Penerima Gelar Jenderal TNI Bintang 4 Kehormatan

Kevin Yung mengakui, adanya perbedaan antara masa lalu dan masa kini. "Kalau dulu masih belum ada untuk hunting bareng bareng. Namun, sekarang udah mulai hunting bareng bersama PAF keluar kota dengan komunitas lain agar kita sesama komunitas bisa bareng bersatu tidak ada yang merasa terpisah,” ujarnya.

Kevin Yung memiliki tujuan program yang ke depannya akan dijalankan.

"Tujuan terdekat saya adalah mengambil foto salon saat peringatan 100 tahun PAF pada tahun 2024 dan mengadakan awarding night serta penyerahan salon foto Indonesia," ujarnya.

Komunitas PAF terbuka untuk semua orang yang ingin belajar tentang fotografi, mulai dari anak muda, remaja, hingga dewasa, karena komunitas ini tidak memandang usia.

Untuk bergabung, bisa langsung datang ke Sekretariat di Komplek Banceuy Permai A-17, Bandung, atau mengunjungi Instagram @pafbandung.

"Saya berharap komunitas ini terus berkembang dan bisa bersatu dengan fotografer-fotografer di Indonesia," tambahnya. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait