Daftar 7 Tokoh Penerima Gelar Jenderal TNI Bintang 4 Kehormatan

Jenderal TNI (HOR) Prabowo Subianto usai penganugerahan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/02/2024). /Foto: ANTARA-NIRMALA MAULANA A


BERITAINSPIRATIF.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan pangkat istimewa TNI (Jenderal Bintang 4) untuk Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/02/2024).

“Pemberian anugerah tersebut ini telah melalui verifikasi dari Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, dan implikasi dari penerimaan anugerah bintang tersebut ini sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2009,” ucap Presiden dilansir Setkab RI.

Presiden menjelaskan bahwa Prabowo Subianto sebelumnya telah menerima anugerah Bintang Yudha Dharma Utama atas jasa-jasanya di bidang pertahanan, sehingga memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan TNI dan kemajuan negara.

Baca Juga: Daftar Wisudawan Terbaik Unpad 2024, Tertua hingga Termuda Berusia 20 Tahun

Dikutip ANTARA, pemberian gelar terhadap Prabowo sesuai dengan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 Tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa Berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Jenderal Kehormatan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan.

Menurut UU tersebut, tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Pemberian pangkat istimewa diatur dalam Pasal 33 Ayat (3) UU Nomor 20 Tahun 2009.

Baca Juga: OJK Buka Lowongan untuk Lulusan S1 & S2, Simak Tatacara dan Syarat Pendaftaran Ini!

7 Tokoh Penerima Gelar Jenderal Kehormatan

Dikutip dari laman resmi Akademi Militer (Akmil), beberapa tokoh yang pernah mendapat pangkat jenderal TNI (HOR) antara lain Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Berikut ini daftar tokoh yang dianugerahi pangkat jenderal TNI (HOR):

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno

2. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja

3. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Soedarman

4. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Agum Gumelar

5. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono

6. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

7. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Bambang Yudhoyono.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait