LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

Wiwit Nurhidayah. (Foto: Arif Maulana)* / dok. Humas Unpad


BERITAINSPIRATIF.COM - Pada usia 25 tahun, semua orang akan fokus pada jalan hidupnya masing-masing. Demikian pula dengan Wiwit Nurhidayah. Bertekad untuk menjadi seorang ilmuwan, Wiwit berhasil menyandang empat gelar akademik di saat usianya yang masih 25 tahun.

Empat gelar tersebut, yaitu Sarjana Farmasi (S.Farm.), Apoteker (Apt.), Magister Sains (M.Si.,). Gelar terakhir, yaitu Doktor (Dr.) resmi disandangnya usai menjalani Sidang Terbuka pada Program Doktor Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran di Ruang Sidang Einsten Gedung Dekanat FMIPA Unpad, Jatinangor, Selasa (8/8/2023).

Wiwit berhasil meraih gelar Doktor di usia muda berkat program beasiswa PMDSU Kemendikbudristek RI. Lulus menjadi Sarjana dari Fakultas Farmasi Unpad 2018 akhir, Wiwit langsung ikut program Profesi Apoteker sembari mengajukan lamaran untuk program beasiswa PMDSU.

Baca Juga: Wisuda Diberi Bunga Sudah Biasa! Lulusan Unpad Ini Dihadiahi Mobil oleh Mentornya

Ia pun berhasil menjadi penerima beasiswa dan diterima pada Program Magister dan Doktor Kimia FMIPA Unpad. Proses kuliahnya tidak ia sia-siakan. Ia pun berhasil lulus dengan predikat “Pujian” setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “The Cellular and Preclinical Evaluations of [125/131]Ialpha Mangostin as Radiopharmaceutical Candidate for Breast Cancer”.

“Jujur gak nyangka bisa sampai ke S-3, dan bahkan nggak ada bayangan mau jadi Doktor,” kata Wiwit seperti diungkap laman resmi Unpad.

Awalnya, Wiwit hanya menargetkan untuk mengambil studi sampai Magister terlebih dahulu baru kemudian menabung untuk melanjutkan ke program Doktor. Ia pun mendengar kisah tentang beasiswa PMDSU dari dosennya saat kuliah Sarjana. Setelah ditelusuri, ia pun memiliki ketertarikan untuk mengambil program tersebut. 

“Awalnya saya targetkan bisa dapat PMDSU pada 2021, tetapi alhamdulillah bisa dapat lebih cepat di 2019,” ujar perempuan yang lahir di Garut, 2 April 1998 tersebut.

Baca Juga: Rektor Unpad Apresiasi Wisudawan/Aktor Senior Deddy Mizwar, Lulus di Usia 68 Tahun

Program Kimia menjadi pilihan program studi untuk melanjutkan kuliah. Kendati demikian, Wiwit menyadari bahwa selama ini ia belum terlalu menguasai ilmu kimia secara keseluruhan. Diakuinya, ia masih lemah pada beberapa bidang ilmu dari kimia.

Khawatir ketidakmampuannya tersebut akan menghambat proses belajar, nyatanya Wiwit dikelilingi lingkungan yang suportif. Dukungan muncul dari teman-teman seangkatannya, bahkan dari promotornya langsung, yaitu Prof. Dr. Toto Subroto, M.S., serta tim promotornya.

“Syukur teman-temannya juga suportif dan kebanyakan teman-teman saya juga dari Kimia, jadi biasanya belajar privat sama teman yang sudah lebih paham,” ujarnya.

Riset tesis dan disertasi yang dilakukan Wiwit merupakan lanjutan dari apa yang sudah ditelitinya dalam skripsi di bawah bimbingan Prof. apt. Muchtaridi, PhD, tentang potensi buah manggis.

Dari hasil penelitiannya, Wiwit berhasil memublikasikan dua publikasi ilmiah pada jurnal Q-1 sebagai penulis pertama. Tidak hanya dipromotori oleh dosen Unpad, riset Wiwit juga dipromotori oleh Prof. Tomoya Uehara, PhD, dari Chiba University, Jepang. 

Berhasil meraih empat gelar akademik di usia muda, Wiwit masih berjibaku untuk mewujudkan cita-citanya. Karier keilmuannya tidak berhenti hanya sampai Doktor.

Saat ini, ia berencana untuk melanjutkan studi Post-doctoral.

“Mungkin orang lain bilang oh udah dapat gelar tinggi lalu sudah. Buat saya ini bukan titik akhir tapi justru ini permulaan karena di titik ini saya masih merasa belum punya apa-apa. Masih masih banyak yang ingin dipelajari, ingin dicoba. Jadi harapannya meskipun sudah dapat gelar doktor ini saya akan tetap terus belajar untuk bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.*

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

-SUKAMISKIN Masuk 3 Besar Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Regional II

-Pemerintah Terbitkan Perpres, Penanganan Pandemi COVID-19 Berakhir

Berita Terkait